Hari Sejarah Nasional

Hari Sejarah Nasional adalah perayaan yang diperingati setiap tanggal 14 Desember.


zoom-inlihat foto
Hari-Sejarah-Nasional.jpg
()
Ilustrasi Hari Sejarah Nasional

Hari Sejarah Nasional adalah perayaan yang diperingati setiap tanggal 14 Desember.




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Hari Sejarah Nasional adalah peringatan untuk menghidupkan kembali semangat kebangkitan historiografi Indonesia.

Hari Sejarah Nasional diperingati setiap tanggal 14 Desember.

Hal ini seusai dengan dokumen Maklumat Hari Sejarah Tahun 2014 yang digagas oleh berbagai kalangan masyarakat yang melibatkan asosiasi profesi, komunitas pecinta sejarah, guru, dosen, dan mahasiswa sejarah.

Hari Sejarah Nasional merupakan bentuk usaha mengenang peristiwa Seminar Sejarah Nasional I yang diselenggarakan pada 14 hingga 17 Desember 1957 di Yogyakarta. (1) 

Baca: Hari Artileri

  • Sejarah #


Penetapan Hari Sejarah Nasional merujuk pada tanggal dimulainya Seminar Sejarah Nasional tahun 1957 di Yogyakarta, yaitu 14 Desember.

Agenda penting Kongres Sejarah Nasional I di Yogyakarta dilaksanakan pada tahun 1957 dan membahas mengenai Pendidikan Sejarawan.

Setelah kemerdekaan bangsa Indonesia pada tahun 1945, sejarah nasional mendapat perhatian yang besar, terutama berkaitan dengan pembelajaran di sekolah, serta nilai-nilai perjuangan dan jati diri bangsa Indonesia. (2) 

Baca: Hari Armada

  • Peristiwa #


Berikut beberapa peristiwa yang menjadi penanda hari sejarah nasional.

- Munculnya gerakan Indonesianisasi dalam berbagai bidang, sehingga istilah-istilah asing khususnya Belanda mulai diindonesiakan.

- Sebagian buku-buku berbahasa Belanda mulai diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

- Penulisan sejarah Indonesia berdasarkan pada kepentingan dan kebutuhan bangsa dan negara Indonesia dengan sudut pandang nasional.

- Bangsa Indonesia menjadi subjek/pembuat sejarah dan tidak lagi sebagai objek seperti pada historiografi kolonial.

- Terdapat corak penulisan sejarah baru dalam berbagai aspek kehidupan bangsa Indonesi, seperti politik, ekonomi, sosial, hingga budaya dari sudut pandang bangsa Indonesia.

- Dengan adanya Indonesianisasi, kedudukan orang Indonesia sebagai pahlawan dan orang Belanda sebagai penjahat, namun dengan alur cerita yang sama. (1)

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/YUSTICA)



Nama Perayaan Hari Sejarah Nasional
Waktu Perayaan 14 Desember
   




KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved