Kasus Covid-19 Naik Akibat Subvarian Omicron, Pemerintah Perpanjang PPKM Level 1

Akibat subvarian Omicron, kasus Covid-19 di Indonesia menunjukkan tren kenaikan, dengan kasus tembus 5.000 awal bulan ini.


zoom-inlihat foto
Ilustrasi-virus-coronon-lain.jpg
freepik
Ilustrasi virus corona varian Omicron


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia per hari ini, Selasa (8/11/2022).

Di tengah tren kenaikan kasus Covid-19, terutama di Jawa dan Bali, pemerintah menerapkan level 1 pada PPKM di seluruh wilayah.

"Hari ini kami sampaikan bahwa PPKM tetap akan diperpanjang untuk menekan laju kenaikan Covid-19," kata Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal, Selasa, dikutip dari Kompas.com.

Perpanjangan PPKM ini tercantum dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 47 Tahun 2022 untuk PPKM Jawa dan Bali yang berlaku sampai dengan 21 November 2022.

Sementara itu, Inmendagri Nomor 48 Tahun 2022 untuk PPKM di Luar Jawa dan Bali akan berlaku hingga 5 Desember 2022.

"Kami meminta kepada seluruh jajaran pemerintah daerah untuk tidak lengah dan terus bersiaga dengan ancaman lonjakan kasus," kata Safrizal.

"Galakkan kembali penerapan protokol kesehatan di masyarakat, maksimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi, dan tidak kalah penting adalah terus dorong vaksinasi dosis ketiga atau booster," ujarnya lagi.

Ilustrasi Omicron
Ilustrasi Omicron (freepik)

Akibat subvarian Omicron, kasus Covid-19 di Indonesia menunjukkan tren kenaikan, dengan kasus tembus 5.000 awal bulan ini.

Baca: Covid-19 Subvarian Omicron XBB

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memprediksi kasus Covid-19 di Indonesia akan naik.

Hal itu imbas kemunculan subvarian baru dari Omicron itu, yakni XBB, XBB.1, dan BQ.1.

"Sekarang kita masih sekitar 5.000-an per hari. Jadi, kemungkinan masih akan naik," ujar Budi Gunadi saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, pada 7 November 2022.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved