Tiongkok Dituding Operasikan 'Kantor Polisi Rahasia' di Belanda

Tiongkok dituding telah membuat dua kantor polisi ilegal di Belanda sejak tahun 2018.


zoom-inlihat foto
Ilustrasi-polisi-Tiongkok.jpg
Pixabay
Ilustrasi polisi Tiongkok


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kementerian Luar Negeri Belanda menuding Tiongkok telah membuat dua kantor polisi ilegal atau rahasia di Belanda.

Menurut media Belanda, dua kantor itu beropeasi di Amsterdam dan Rotterdam sejak tahun 2018. Tujuannya ialah memantau warga yang membangkang.

Kantor itu diduga menawarkan bantuan diplomatik kepada warga Tiongkok. Namun, kantor itu tidak terdaftar oleh pemerintah Belanda.

Sejumlah LSM mengklaim kantor itu digunakan Beijing untuk memantau dan membungkam lawan pemerintah serta pembangkang yang berada di luar negeri. Kantor itu dikabarkan mempekerjakan staf intelijen dan mantan staf militer.

Di sisi lain, pemerintah Tiongkok membantah kebenaran rumor itu dan menyebutnya "salah".

Baca: Seniman Tiongkok Pakai APD Rangkap 27 untuk Memprotes Kebijakan Nol Covid

"Kementerian Kehakiman dan Kementerian Luar Negeri Belanda telah mencatat laporan itu .. dan menangani masalah ini dengan sungguh-sungguh," kata Maxime Hovenkamp, juru bicara Kementerian Luar Negeri Belanda, kepada AFP, dikutip dari Euronews, (27/10/2022).

"Kementerian Luar Negeri kini menyelidiki aktivitas yang dikatakan sebagai kantor polisi. Ketika kita sudah memiliki lebih banyak penjelasan tentang ini, langkah yang tepat akan diambil."

Baca: Tiongkok Tegaskan Berhak Gunakan Kekuatan Militer dalam Persoalan Taiwan

Kantor polisi ilegal di Eropa

LSM asal Spanyol bernama Safeguard Defenders mengaku menemukan setidaknya 36 "kantor polisi" Tiongkok yang beroperasi di negara-negara Eropa.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin, mengatakan "kantor" itu membantu warga Tiongkok memperbarui SIM mereka atau melaporkan status mereka.

"Karena dampak pandemi Covid-19, banyak warga Tiongkok di luar negeri tidak bisa kembali ke Tiongkok tepat waktu untuk mengajukan pembaruan SIM dan layanan lainnya," kata Wang kepada wartawan, (26/10/2022).

"Kantor keamanan warga Tiongkok menindak tegas aktivitas kejahatan lintas negara sesuai dengan hukum, mematuhi ketat hukum intenasional dan sepenuhnya menghormati kedaulatan hukum di negara lain.

Layanan diplomatik biasanya dijalankan oleh kedutaan atau konsulat sesuai dengan Konvensi Wina yang ditandangani lebih dari 100 negara, termasuk Tiongkok dan Belanda.

Baca: AS Dituding Meretas Universitas di Tiongkok dengan Malware Minum Teh

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang Tiongkok di sini







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved