Baru 6 Pekan Menjabat, PM Inggris Liz Truss Diminta Mengundurkan Diri

Tiga anggota parlemen dari Partai Konservatif mendesak PM Inggris Liz Truss mundur.


zoom-inlihat foto
Perdana-Menteri-Inggris-Liz-Truss-2.jpg
DANIEL LEAL / POOL / AFP
Perdana Menteri Inggris Liz Truss saat menggelar konferensi pers, (14/10/2022).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Perdana Menteri Inggris Liz Truss diminta mundur oleh tiga anggota parlemen dari Partai Konservatif.

Padahal, Truss baru menjabat sebagai kepala pemerintahan Inggris selama 6 pekan.

Adapun tiga anggota parlemen tersebut adalah Crispin Blunt, Andrew Bridgen, dan Jamie Wallis.

Desakan agar Truss mundur muncul setelah adanya gejolak ekonomi akibat kebijakan mini-budget.

Daily Mail melaporkan bahwa para anggota parlemen dari Partai Konservatif berusaha menggulingkan Truss pekan ini. Dikabarkan sudah ada lebih dari 100 anggota yang siap mengeluarkan mosi tidak percaya.

Sebelumnya, Truss telah memecat Kwasi Kwarteng dari jabatan Menteri Keuangan. Kwarteng digantikan oleh Jeremy Hunt untuk memulihkan kepercayaan terhadap pemerintahannya.

Hunt sendiri menyatakan bahwa Inggris bisa menghadapi kenaikan pajak dan pengurangan anggaran belanja. Ini justru berkebalikan dengan visi ekonomi yang diusung oleh Truss.

Baca: Inggris di Bawah Liz Truss: Seluruh Menteri Utama Berasal dari Etnis Minoritas

Pada hari Jumat lalu, (14/10/2022), Truss menggelar konferensi pers untuk menjelaskan kebijakan ekonominya. Namun, Sir Keir Starmer selaku pemimin Partai Buruh mengatakan Truss "gagal menjawab pertanyaan apa pun dari masyarakat".

Selain itu, Keir mengatakan Truss memang "menjabat, tetapi tidak berkuasa".

Baca: Marah karena Suami Dipecat, Istri Mantan Menteri Sebut Liz Truss Dungu

"Hipotek naik dan krisis biaya hidup terasa makin parah: Pemerintahan Konservatif kini menjadai ancaman terbesar bagi keamanan dan keuangan keluarga di seluruh negeri ini," kata Keir dikutip dari News Sky, (17/10/2022).

"Itulah mengapa perdana menteri harus ke parlemen hari Senin, untuk menjelaskan apa rencana dia untuk membalikkan situasi."

Liz Truss menghadiri rapat dengan Wakil Presiden Komisi Eropa di Chvening House, Sevenoaks, London, 13 Januari 2022.
Liz Truss menghadiri rapat dengan Wakil Presiden Komisi Eropa di Chvening House, Sevenoaks, London, 13 Januari 2022. (BEN STANSALL / POOL / AFP)

Serangan dari tiga anggota parlemen

Sebagai salah satu anggota parlemen yang meminta Truss mundur, Crispin Blunt mengatakan "permainan sudah selesai" bagi Truss.

Menurut Blunt, sudah jelas bahwa Truss harus lengser. Dia mendukung mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak untuk menggantikan Truss.

Baca: Liz Truss

Senada dengan Blunt, Andrew Bridgen turut meminta Truss meletakkan jabatannya. "Negara kami, rakyatnya, dan partai kami layak mendapat yang lebih baik," kata Bridgen.

Adapun Jamie Wallis berujar, "Dalam beberapa pekan, saya melihat pemerintahan ini merusak kredibilitas ekonomi Inggris dan memecah belah partai kami tanpa bisa diperbaiki. Sudah cukup."

"Saya sudah menyurati perdana menteri untuk meminta dia mundur karena tak lagi dipercaya di negera ini."

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang Liz Truss di sini







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved