Ukraina: Setengah Drone Kamikaze Rusia Buatan Iran Hancur dalam Sepekan

Ukraina telah menghancurkan 24 drone kamikaze Shahed-136 buatan Iran dalam sepekan.


zoom-inlihat foto
drone-Rusia-buatan-Iran.jpg
SERGEI SUPINSKY / AFP
Sebuah bangunan di Kota Bila Tserkva, Ukraina, rusak karena serangan drone Rusia buatan Iran, (5/10/2022).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Ukraina mengklaim setengah dari seluruh drone Rusia buatan Iran hancur dalam sepekan.

"Pada periode 30 September hingga 6 Oktober, Pasukan Pertahanan Ukraina telah menghancurkan 24 drone kamikaze Shahed-136," kata Kemenhan Ukraina melalui pesan di aplikasi Telegram, (6/10/2022), dikutip dari Newsweek.

Dalam pesan itu Wakil Kepala Departemen Operasi Utama di Staf Gabungan Angkatan Darat Ukraina, Brigjen Oleksiy Gromov, mengatakan Rusia telah mengirim 46 drone Shahed ke Ukraina pada periode yang sama.

Awal bulan ini Staf Gabungan Angkatan Darat Ukraina juga menyebut militernya telah menembak jatuh "delapan pesawat tanpa awak berjenis 'Shahed' buatan Iran".

Laporan itu muncul setelah Iran membantah telah mengirim drone Shahed-136 ke Ukraina.

Pada hari Selasa lalu, (4/10/2022), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani, mengatakan kabar bahwa Iran menjual drone kepada Rusia merupakan tudingan "tak berdasar". Dia juga menyebut Iran "selalu mengumumkan prinsip dan kebijakannya yang jelas mengenai ketidakberpihakan dan menentang perang".

Baca: Dituding Beli Ratusan Drone dari Iran, Rusia Memilih Bungkam

"Oleh karena itu, selama enam bulan terakhir, Kementerian Luar Negeri Republik Islam Iran, dan banyak pertemuan dan kontak dengan Rusia dan Ukraina, selalu menegaskan pentingnya penyelesaian perselisihan ddengan cara damai dan perundingan dan telah mengumumkan kesiapan Iran untuk membantu proses ini," kata Kanaani.

Baca: AS Sebut Iran Bakal Kirimkan Ratusan Drone ke Rusia, Akan Digunakan di Ukraina

Pada bulan Agustus lalu koran ternama di Amerika Serikat, Washington Post, melaporkan bahwa Rusia telah menerima pengiriman drone Iran. Laporan itu didasarkan pada sumber anonim.

Kemenhan Ukraina menyatakan telah menghancurkan 60 persen drone buatan Iran yang dikerahkan di Ukraina.

"9 dari 12 kamikaze drone dihancurkan malam ini oleh pasukan dan senjata Angkatan Udara Ukraina. Totalnya, sejak awal penggunaan pesawat tanpa awak berjenis Shahed-136 oleh musuh, mereka menggunakan 86 unit, 60 persennya telah hancur," kata Gromov.

Dalam pesan lain di Telegram, Oleksiy Kuleba yang menjabat sebagai kepala pemerintahan militer regional di Kiev turut menyebutkan penghancuran drone Iran.

"Pada malam hari musuh menyerang Bila Tserkva dengan drone kamikaze berjenis Shahed-136. Total ada enam serangan dan ledakan. Satu orang terluka. Infrastruktur juga rusak," kata Kuleba.

"Saya meminta masyarakat untuk tidak mengabaikan sinyal peringatan serangan udara dan peraturan keamanan."

Baca: Terbukti Ampuh di Ukraina, Drone Bayraktar TB2 Buatan Turki Laris Manis Dipesan

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang Ukraina di sini

 

 







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved