Tragedi Stadion Accra Sports Ghana

Tragedi Stadion Accra Sports adalah peristiwa kelam yang pernah terjadi di dunia sepak bola dan menewaskan ratusan orang di Ghana.


zoom-inlihat foto
tragedi-accra-sports.jpg
AFP PHOTO ISSOUF SANOGO (FILM) ISSOUF SANOGO / AFP
Karyawan kamar mayat membawa jenazah ke rumah sakit Accra setelah tragedi Accra Sports Stadium pada 10 Mei 2001. Tragedi itu terjadi setelah kemenangan 2-1 oleh juara bertahan liga Hearts of Oak. Pendukung saingan berat Kumasi Ashanti Ashanti Kotoko mulai merobek kursi di stadion olahraga Accra, melemparkan mereka ke lapangan. Dalam upaya untuk memadamkan kerusuhan, polisi menembakkan gas air mata ke tribun tempat para penggemar melakukan kerusuhan.

Tragedi Stadion Accra Sports adalah peristiwa kelam yang pernah terjadi di dunia sepak bola dan menewaskan ratusan orang di Ghana.




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Tragedi Stadion Accra Sports adalah peristiwa kelam yang pernah terjadi di dunia sepak bola dan menewaskan ratusan orang di Ghana.

Sejarah kelam ini terjadi di sebuah stadion sepak bola bernama Accra Sports Stadium, Accra, Ghana, pada 9 Mei 2001.

Dalam peristiwa itu, sebanyak 126 penonton yang sedang menyaksikan laga derbi lokal Hearts of Oak vs Asante Kotoko dinyatakan meninggal dunia.

Tragedi kelam ini sekaligus menjadi bencana terburuk di Afrika yang berhubungan dengan olahraga.

Warga melihat genangan darah setelah penyerbuan di stadion Accra yang menewaskan 126 orang. Tragedi pada 9 Mei 2001 ini terjadi setelah kemenangan 2-1 oleh juara bertahan liga Hearts of Oak. Pendukung saingan berat Kumasi Ashanti Ashanti Kotoko mulai merobek kursi di stadion olahraga Accra, melemparkan mereka ke lapangan. Dalam upaya untuk memadamkan kerusuhan, polisi menembakkan gas air mata ke tribun tempat para penggemar melakukan kerusuhan.
Warga melihat genangan darah setelah penyerbuan di stadion Accra yang menewaskan 126 orang. Tragedi pada 9 Mei 2001 ini terjadi setelah kemenangan 2-1 oleh juara bertahan liga Hearts of Oak. Pendukung saingan berat Kumasi Ashanti Ashanti Kotoko mulai merobek kursi di stadion olahraga Accra, melemparkan mereka ke lapangan. Dalam upaya untuk memadamkan kerusuhan, polisi menembakkan gas air mata ke tribun tempat para penggemar melakukan kerusuhan. (AFP PHOTO ISSOUF SANOGO (FILM) Issouf SANOGO / AFP)

Baca: Tragedi Estadio Nacional Disaster Peru

  • Kronologi #


Tragedi Stadion Accra Sports terjadi di Accra, Ghana, pada 9 Mei 2001.

Peristiwa terjadi pada malam hari di mana para penonton awalnya sedang menyaksikan pertandingan antara klub Hearts of Oak melawan klub Asante Kotoko.

Dalam laga ini, Hearts of Oak berhasil membalikkan keadaan di menit-menit akhir pertandingan dengan skor 2-1 yang awalnya 0-1.

Suporter Asante Kotoko yang tidak terima kemudian menjebol kursi stadion dan melemparkannya ke lapangan ketika laga tersisa lima menit.

Aparat kepolisian yang berjaga kemudian merespons dengan menembakkan gas air mata ke kerumunan penonton.

Hal tersebut kemudian membuat kepanikan para penonton.

Para penonton lalu berhamburan dan berdesak-desakan hingga menimbulkan korban jiwa hingga 126 orang.

Berdasar penyelidikan, kebanyakan korban tewas lantaran terjepit dengan pononton lain dan beberapa meninggal lantaran tak bisa bernapas.

Pihak berwajib juga mengungkapkan bahwa kejadian itu terjadi karena beberapa pintu stadion terkunci saat kejadian, sehingga membuat kerumunan penonton tak bisa keluar dan melepaskan diri.

Dalam peristiwa kelam ini, sebanyak enam polisi didakwa atas pembunuhan.

Baca: Tragedi Kanjuruhan: Malang Indonesia

  • Beasiswa dan Patung #


Pascakejadian ini, pemerintah Ghana memberikan beasiswa khusus untuk anak-anak dari para korban kejadian Tragedi Stadion Accra Sports.

Kemudian, untuk mengenang kejadian itu, dibuatlah sebuah patung di stadion tersebut.

Usai kejadian ini pula stadion berganti nama menjadi Stadion Ohene Djan.

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)



Tragedi Stadion Accra Sports Ghana
Tempat Accra Sports Stadium, Ghana
Tanggal 9 Mei 2001
Korban Jiwa 126 Orang
   


KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved