Cair Hari Ini, Berikut Cara Cek Penerima Bansos Sembako dan PKH

Pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial (bansos) jenis reguler mulai hari ini, Senin (3/10/2022), yaitu BPNT dan bansos PKH.


zoom-inlihat foto
Dana-bansos.jpg
tribunnews.com
Bansos dari Pemerintah sudah cair. Pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial (bansos) jenis reguler mulai hari ini, Senin (3/10/2022).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial (bansos) jenis reguler mulai hari ini, Senin (3/10/2022).

Bansos jenis reguler tersebut di antaranya adalah kartu sembako atau bantuan pangan non tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH).

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata berujar, nilai kedua bansos yang dicairkan tersebut mencakup bansos kartu sembako sebesar Rp 11,2 triliun dan bansos PKH sebesar Rp 7,2 triliun.

"Bansos reguler sembako dan PKH ini untuk yang Oktober sampai dengan Desember akan mulai dilaksanakan di Oktober, kira-kira mulai Senin (pekan ini)," tuturnya dalam media briefing di Kantor Kemenkeu, Jumat (30/9/2022), dikutip dari Kompas.com.

Isa mengatakan, anggaran yang telah disiapkan oleh pemerintah pada bansos kartu sembako di sepanjang 2022 sebanyak Rp 45,12 triliun.

Adapun bansos kartu sembako tersebut diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dengan nilai Rp 200.000 per bulan, namun pembayarannya dilakukan sekaligus per tiga bulan.

Sehingga, setiap KPM akan menerima uang tunai sebesar Rp 600 ribu.

Pencairan bansos dapat dilakukan melalui bank Himbara (BRI, BNI, BTN, Mandiri) dan PT Pos Indonesia untuk yang sulit dijangkau seperti Papua, Papua Barat, dan Maluku.

Sementara itu, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 28,71 triliun untuk bansos PKH yang akan diberikan kepada 10 KPM yang besaran nilainya berdasarkan komponen pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan.

Berikut adalah cara cek status penerima bansos kartu sembako maupun bansos PKH.

Baca: Jokowi Janji Bakal Kembali Tambah Bansos, Begini Syaratnya

Cara Cek Status Penerima Bansos

1. Akses laman cekbansos.kemensos.go.id

2. Masukkan alamat seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan pada kolom

3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP

4. Masukkan 8 kode huruf yang tertera dalam kotak captcha pada kolom

5. Jika kode huruf tidak jelas, klik tombol 'reload' untuk mendapatkan kode baru

6. Lalu klik cari data dan tunggu hingga hasil data pencairan muncul pada laman cekbansos.kemensos.go.id

(Tribunnewswiki.com, Kompas.com/Yohana Artha Uly)







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved