Merasa Tidak Adil, Indra Kenz Catut Nama Deddy Corbuzier dan Boy William dalam Persidangan

Dalam persidangan pemeriksaan terdakwa hari ini, Indra Kenz merasa apa yang menimpanya ini tidak adil.


zoom-inlihat foto
Indra-Kenz-2.jpg
Instagram/indrakenz
Indra Kenz


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Deddy Corbuzier dan Boy William mendadak disebut Indra Kesuma alias Indra Kenz dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tangerang, Rabu (28/9/2022).

Indra Kenz adlah terdakwa dalam investasi bodong binary option Binomo.

Dalam persidangan pemeriksaan terdakwa hari ini, Indra Kenz merasa apa yang menimpanya ini tidak adil.

"Deddy Corbuzier dan Boy William mempromosikan OctaFX, tapi tidak terjadi apa pun pada mereka, Pak," kata Indra Kenz, Rabu, dikutip dari Kompas.com.

Indra Kenz mengatakan bahwa Deddy Corbuzier dan Boy William juga merupakan influencer yang mempromosikan platform trading ilegal kendati dengan nama berbeda dari Binomo.

Sebab, Binomo dan OctaFX merupakan dua dari ratusan platform investasi ilegal yang tidak mendapatkan izin dari Bappebti.

Indra mengatakan, dirinya memang pada awal bergabung pada tahun 2019 tidak mengetahui bahwa platform Binomo ini ilegal di Indonesia.

Meski demikian, saat dia mengetahui platform Binomo itu ilegal, yakni pada 2020, dirinya tetap bermain trading Binomo karena melihat orang-orang lain, terutama YouTuber, influencer, atau artis-artis lain, kerap mempromosikan situs trading ilegal tanpa terkena jerat hukum.

"Saya dari tahun 2019 membuat konten di Binomo, berbagi pengalaman tentang Binomo itu oke oke saja, baik-baik saja," ujarnya.

"Bahkan viewers-nya banyak yang tertarik dengan saya, berbagi pengalaman trading di Binomo itu sehingga saya meneruskannya sampai di tahun 2022," tambah dia.

Indra Kenz
Indra Kenz (Instagram/indrakenz)

Indra berpikir bahwa hal yang ilegal dalam perkara ini hanyalah masalah regulasi platform tersebut dengan instansi terkait.

Adapun mereka yang mempromosikan tidak termasuk dalam kegiatan melakukan tindakan ilegal.

Jaksa mengatakan, Indra Kenz memberikan tips untuk menang agar korban tertarik untuk trading bareng.

Dirinya juga memandu kapan harus memulai dan apa yang akan dimainkan.

Mereka ikut bergabung setelah melihat video Indra Kenz yang berisi tentang ajakan trading melalui Binomo.

"Terdakwa melalui video menyebarkan Binomo sebagai permainan harga. Jika tebakan benar, korban menuai keuntungan. Jika tebakan salah, maka korban kehilangan seluruh hartanya," ujar jaksa Kristanto.

Hanya saja, korban tetap mengalami kekalahan.

"Para korban mengikuti karena janji kemenangan 80 persen karena melihat konten dari Indra Kenz yang meyakinkan permainan Binomo aman dan menguntungkan," kata jaksa.

Baca: Indra Kenz

Indra Kenz didakwa melanggar Pasal 45 ayat 2, yaitu tanpa hak menyebarkan dokumen elektronik yang berisi materi perjudian.

Kedua, Pasal 45 huruf a, menyebarkan berita bohong yang memicu kerugian pada konsumen.

Ketiga, Pasal 378 tentang Penipuan.

"Kumulatifnya Pasal 3 atau Pasal 4 UU TPPU (tindak pidana pencucian uang)," kata jaksa. Indra Kenz terancam hukuman pidana paling berat 20 tahun penjara.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved