Simak Cara Lapor Pemotongan Dana Bansos Melalui Laman lapor.go.id

pemotongan dana bansos kerap terjadi setiap tahunnya, masyarakat dapat melaporkannya ke Kemensos. Berikut ini cara lapor pemotongan bansps.


zoom-inlihat foto
Dana-bansos.jpg
tribunnews.com
Bansos dari Pemerintah sudah cair. pemotongan dana bansos kerap terjadi setiap tahunnya, masyarakat dapat melaporkannya ke Kemensos. Berikut ini cara lapor pemotongan bansps.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah menyalurkan bantuan sosial (bansos) setiap tahunnya, baik secara tunai maupun non-tunai.

Namun, saat di lapangan, tidak sedikit ditemukannya kasus pemotongan dana bansos oleh oknum.

Terakhir, seorang istri perangkat desa di Blora, Jawa Tengah terekam dalam sebuah video meminta uang Rp 20.000 kepada warganya yang mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan program sembako dari warga setempat.

Video tersebut beredar luas di media sosial pada Senin (19/9/2022).

Dalam video itu terlihat juga percakapan antara emak-emak yang menggunakan bahasa jawa terkait kegunaan uang tersebut.

"Daripada tanda tanya, ini dipakai untuk apa ya?" ujar salah seseorang dalam video itu seperti dilihat.

"Ini kan tidak hanya sekali dua kali ya, bolak-balik memberikan undangan terus, terus terang kalau sudah dapat ya dibagi untuk pekerjanya sendiri, mereka kan juga bekerja," jawab wanita paruh baya yang menerima uang setoran tersebut.

Setelah mendapatkan jawaban, emak-emak yang mengajukan pertanyaan itu bukan bermaksud untuk menyudutkan wanita paruh baya tersebut. Bahkan, wanita paruh baya itu malah memberikan tanggapannya lagi.

"Diambil Rp 20.000 apa enggak ikhlas sih? Nanti kalau ditanya orang lainnya, ya memang di tempatku dipotong Rp 20.000, dipakai keperluan lain, enggak apa-apa, kasih tahu ya, enggak hanya di sini saja" terang dia.

Hal serupa juga pernah terjadi pada pada Agustus 2021. Dugaan pemotongan bantuan sosial tunai (BST) sempat dilaporkan terjadi di Depok, Jawa Barat.

Seorang warga Tapos bernama Sandi, yang seharusnya menerima BST Rp 600.000 menyebut bahwa ada potongan hingga Rp 150.000.

Baca: BLT BBM 2022, Simak Syarat Dokumen dan Cara Mencairkannya Lewat Kantor Pos

Lalu, langkah apa yang harus diambil oleh masyarakat jika terjadi kasus pemotongan bansos di wilayahnya?

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Nikmat, apabila masyarakat menemukan oknum yang memotong dana bansos di wilayahnya, bisa langsung menghubungi command center Kemensos.

"(Masyarakat dapat hubungi) contact centre 021-171 command center Kemensos," ungkapnya, Kamis (22/9/2022), dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, masyarakat juga bisa melaporkannya secara online melalui website lapor.go.id.

Masyarakat bisa melaporkan aduan secara anonim dan rahasia sehingga identitas maupun isi laporan tidak dapat dilihat oleh publik maupun pihak terlapor.

Kemudian, masyarakat akan diberikan tracking id atau nomor unik yang berguna untuk meninjau proses tindak lanjut laporan yang sudah disampaikan.

Inilah tahapan melaporkan kasus pemotongan bansos secara online:

1. Akses laman https://www.lapor.go.id/instansi/kementerian-sosial

2. Klik Pengaduan pada isian Klasifiksai Laporan.

3. Isi Judul Laporan, Isi Laporan, Tanggan Kejadian, Lokasi Kejadian, dan Kategori Laporan.

4. Unggah lampiran jika ada bukti yang dapat memperkuat laporan Anda.

5. Centang pilihan Anonim dan atau Rahasia.

6. Klik LAPOR!

(Tribunnewswiki.com, Kompas.com)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved