Gelar Aksi Demo, Serikat Buruh Desak Anies Baswedan Surati Jokowi, Batalkan Kenaikan Harga BBM

Selain di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta, aksi unjuk rasa juga digelar di depan kantor gubernur di seluruh Indonesia.


zoom-inlihat foto
Gubernur-DKI-Jakarta-Anies-Baswedan-duduk-di-antara-massa.jpg
KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan duduk di antara massa serikat buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) DKI Jakarta yang unjuk rasa di Balai Kota, Senin (29/11/2021)


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Serikat buruh melakukan aksi demonstrasi besar-besaran pada Selasa (6/9/2022), untuk menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Selain di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta, aksi unjuk rasa juga digelar di depan kantor gubernur di seluruh Indonesia.

Tujuannya mendesak seluruh gubernur di 34 provinsi untuk turut menolak kenaikan BBM yang dianggap makin menyengsarakan masyarakat.

"Aksi serentak akan dilakukan di kantor gubernur," ucap Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sekaligus Presiden Partai Buruh Said Iqbal, Selasa (6/9/2022), dilansir dari Tribun Jakarta.

"Aksi ini diorganisir Partai Buruh dan organisasi serikat buruh, petani, nelayan, guru honorer, PRT, buruh migran, miskin kota, dan organisasi perempuan di 34 provinsi," sambungnya. 

Untuk di Balai Kota Jakarta, massa aksi menuntut Gubernur Anies Baswedan mendesak Presiden Joko Widodo membatalkan kenaikan BBM.

"Tujuannya adalah meminta gubernur membuat surat rekomendasi kepada Presiden dan Pimpinan DPR RI agar membatalkan kenaikan harga BBM," ujarnya.

Baca: Puluhan Ribu Buruh akan Turun ke Jalan Protes Kenaikan Harga BBM, Tuntut Pembatalan Kenaikan

Namun demikian, aksi massa untuk wilayah Jabodetabek akan dipusatkan di DPR RI.

Sekitar 3.000 sampai 5.000 buruh dari Jabodetabek bakal mengepung gedung parlemen Senayan menuntut pembentukan panitia khusus (Pansus) BBM agar harga BBM diturunkan.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal di kantor KPU RI, Jumat (12/8/2022).
Presiden Partai Buruh Said Iqbal di kantor KPU RI, Jumat (12/8/2022). (KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN)

Berikut tiga tuntutan yang akan disampaikan buruh di DPR RI:

1. Tolak kenaikan harga BBM;

2. Tolak omnibus law UU Cipta Kerja; dan

3. Naikkan UMK 2023 sebesar 10 persen - 13 persen.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved