Bikers Wajib Tahu, Inilah Pentingnya Suspensi untuk Cari Aman Berkendara

Suspensi memiliki fungsi sebagai penopang sasis kendaraan agar selalu dalam kondisi konstan sekaligus meredam ayunan sasis ketika melakukan pengereman


zoom-inlihat foto
Pentingnya-Suspensi-Untuk-Cari-Aman-Berkendara.jpg
Astra Honda Motor
Pentingnya Suspensi Untuk Cari Aman Berkendara


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Setiap roda sepeda motor akan dilengkapi suspensi dan letak suspensi pasti diantara roda dan sasis sepeda motor.

Tujuan dilengkapi suspensi untuk membantu menyerap guncangan atau benturan dari jalan yang dialami roda sehingga akan membuat pengendara menjadi lebih nyaman.

Suspensi memiliki fungsi sebagai penopang sasis kendaraan agar selalu dalam kondisi konstan sekaligus meredam ayunan sasis ketika melakukan pengereman dan akselerasi. 

Suspensi dirancang memiliki kemampuan melakukan preload, compression dan rebound sehingga mampu berperan seperti tugas dan tujuannya seperti diatas.

Preload adalah kemampuan suspensi menahan agar tidak terlalu amblas karena bobot pengendara, sehingga masih memiliki jarak main cukup untuk suspensi bekerja selama dikendarai, compression menyerap tekanan saat roda mulai menerima bentuk permukaan jalan yang dilintasi dan ayunan dari sasis.

Baca: Kado HUT RI, Tiga Pebalap Astra Honda Harumkan Indonesia di Jepang

Rebound bekerja untuk memperlambat gerakan balik pir yang sebelumnya memendek karena tekanan sebelumnya. 

Khusus untuk suspensi belakang jika pengendara merasakan motor mentok (bottoming) atau terasa terlalu keras maka preload perlu disetel.

Jika saat memasuki tikungan bagian belakang motor mudah geser atau keras saat melalui medan jalanan, compression bisa disesuaikan.

Saat jalan lurus ketika motor berakselerasi dan menikung sehingga motor goyang, maka terjadi rebound yang terlalu lemah dalam hal ini. 

Oke Desiyanto selaku Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng mengatakan bahwa suspensi standar bawaan motor sudah disesuaikan dengan peruntukannya, ada yang dirancang pemakaian dalam kota, jalanan mulus, pemakaian luar kota jalanan terbuka dengan variasi jalan rusak.  

Penggantian suspensi yang memiliki penyetelan manual terhadap preload, rebound dan compression akan banyak membantu jika memang memiliki kebutuhan spesifik tertentu.

Misal berat badan terlalu kurus maupun berat atau kebutuhan khusus mendukung aktifitas menikung atau akselerasi dan deselerasi yang lebih dari pemakaian sehari – hari atau roda sudah diganti dimensi pengaruh terhadap bobot roda tersebut. 

“Suspensi lunak akan nyaman melewati jalan jelek, tapi akan merepotkan untuk manuver atau kelincahan diaspal mulus. Maka sesuaikan kebutuhan dan pahami desain rancang bangun dari kendaraan sehingga mampu memanfaatkan karakter positifnya untuk Cari Aman berkendara”, terang Oke. 

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved