Sanggar Bhineka Sukoharjo, Tempat Bimbel Gratis Bagi Anak Yatim Korban Covid-19

Agus Widanarko, penyuluh antinarkoba asal Sukoharjo, membuka tempat bimbingan belajar (bimbel) gratis Sanggar Bhineka bagi anak yatim korban Covid-19.


zoom-inlihat foto
Sanggar-Bhineka-Sukoharjo.jpg
Istimewa
Perintis bimbel gratis Sanggar Bhineka, Agus Widanarko mengenakan kostum Gatotkaca saat bercerita dongeng anak untuk para anak yatim korban Covid-19 di Sanggar Bhineka Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis, 11 Agustus 2022.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Agus Widanarko, penyuluh antinarkoba sekaligus pegiat sosial asal Kabupaten Sukoharjo, kembali membuka tempat bimbingan belajar (bimbel) gratis bernama Sanggar Bhineka Sukoharjo di sebelah utara Alun Alun Satya Negara, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pria yang akrab disapa Danar itu mengatakan bahwa Sanggar Bhineka Sukoharjo merupakan tempat bimbel gratis yang diperuntukkan bagi anak-anak yatim korban Covid-19 dan kurang mampu.

Maksud dan tujuan Danar kembali membuka Sanggar Bhineka ini adalah sebagai sarana bimbingan belajar bagi para anak yatim korban corona supaya bisa menyelesaikan tugas-tugas di sekolah.

Selain itu, Danar menambahkan, Sanggar Bhineka ini juga merupakan sarana trauma healing bagi anak yatim yang ditinggalkan ayah maupun ibunya akibat corona.

Adapun pengajar atau pembimbing di Sanggar Bhineka ini ialah para mahasiswa dan juga para relawan.

"Biar para anak yatim corona ini mendapat hak sama di bidang pendidikan. Di sini ketemu mbak-mbak mahasiswi yang siap membantu mendidik mereka di luar sekolah," kata Danar kepada TribunnewsWiki, Sabtu (23/8/2022).

"Karena mereka pasti sulit dalam menyelesaikan tugas sekolahnya dan mau konsultasi sama orang tua tapi orangtuanya sudah tidak ada," imbuhnya.

Baca: Berdedikasi Tinggi, Penyuluh Antinarkoba di Sukoharjo Dapat Penghargaan dari Anggota DPR Eva Yuliana

Selain itu, di Sanggar Bhineka, para anak-anak ini juga mendapat hiburan berupa dongen-dongen yang diceritakan langsung oleh "Gatotkaca".

"Gatotkaca" yang dimaksud adalah Danar yang mengenakan kostum ala tokoh pewayangan yang sangat populer ini.

Ia berkostum ala Gatotkaca dan kemudian menceritakan dongeng-dongeng anak untuk para murid di Sanggar Bhineka ini.

"Anak-anak menyatakan senang sekali karena bisa dibantu belajar oleh mbak-mbak mahasiswi dan bisa mendengarkan dongeng dari saya yang berkostum Gatotkaca idola mereka," kata pria berusia 41 tahun itu.

Agus Widanarko alias Danar membimbing anak yatim korban Covid-19 belajar di Sanggar Bhineka Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis, 11 Agustus 2022.
Agus Widanarko alias Danar membimbing anak yatim korban Covid-19 belajar di Sanggar Bhineka Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis, 11 Agustus 2022. (Istimewa)

Baca: Gerbang Musik Sukoharjo, Wadah Bagi Generasi Muda Sukoharjo yang Hobi Musik Agar Berkegiatan Positif

Danar menjelaskan bahwa Sanggar Bhineka ini sebenarnya sudah ia dirikan sejak tahun 2016.

Kala itu, tempat les gratis ini bertempat di kantor sekretariat BNK Sukoharjo dan diperuntukkan bagi anak-anak sekitar yang kurang mampu.

Empat tahun berjalan, kantor sekretariat BNK harus pindah, yang awalnya di belakang kantor Pemkab Sukoharjo kini berada di sebelah utara Alun Alun Satya Negara.

"Sanggar yang dulu sebelum pandemi adalah sanggar belajar yatim dan duafa warga sekitar di markas BNK atau P4GN. Pas pandemi libur dulu, sekarang tahun 2022 setelah pandemi Sanggar Bhineka saya hidupkan lagi," ujar penerima penghargaan Presiden tahun 2014 itu.

Hingga saat ini, sudah ada 20 anak yatim korban corona yang bergabung belajar di tempat les gratis Sanggar Bhineka Sukoharjo.

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Baca lebih lengkap seputar berita terkait lainnya di sini











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Samekto Wibowo

    Samekto Wibowo adalah seorang dokter saraf sekaligus guru
  • Brian McFadden

    Brian McFadden adalah mantan anggota grup asal Irlandia,
  • Ramadhan Sananta

    Ramadhan Sananta adalah pemain sepak bola yang berasal
  • Tajudin Tabri

    Tajudin Tabri adalah anggota DPRD Kota Depok periode
  • Presiden Tiongkok Xi Jinping Diduga

    Pakar mengatakan Xi Jinping kemungkinan besar sedang dikarantina
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved