Irjen Ferdy Sambo Ditetapkan sebagai Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan bahwa mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J


zoom-inlihat foto
Kapolri-Listyo-Sigit-Irjen-Pol-Ferdy-Sambo-dan-Brigadir-J.jpg
Istimewa
Kapolri Listyo Sigit, Irjen Pol. Ferdy Sambo, dan Brigadir J.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Teka-teki kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J mulai terungkap.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan bahwa mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J.

“Timsus sudah menetapkan saudara FS sebagai tersangka," kata Sigit dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Sigit mengatakan Ferdy Sambo berperan sebagai orang yang memerintahkan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E untuk melakukan penembakan ini.

"Timsus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap Saudara J yang menyebabkan J meninggal, yang dilakukan RE, atas perintah saudara FS," lanjut Sigit.

Namun, Polri belum mengetahui motif pembunuhan Brigadir J.

Tim Khusus Mabes Polri berujar telah menemukan bukti yang cukup untuk menetapkan Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J.

Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri Komjen Agung Budi Maryoto menyebut hal tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan tim penyidik terhadap Ferdy Sambo secara mendalam di Markas Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

“Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam maka juga telah ditemukan bukti yang cukup bahwa FS (Ferdy Sambo) adalah melakukan tindak pidana,” kata Agung.

Agung juga mengungkapkan bahwa sebelumnya Timsus Mabes Polri juga telah memeriksa Bharada E dan Brigadir Ricky secara mendalam sebelum menetapkan keduanya sebagai tersangka.

Baca: Irjen Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kasus Kematian Brigadir J, Terancam Hukuman Mati

Menurut Agung, Bharada E menulis pengakuan bahwa dia diperintahkan untuk menembak Brigadir J oleh Ferdy Sambo.

“Pada saat dilakukan pemeriksaan khusus adanya dugaan tindak pidana maka kita limpahkan kepada Bareskrim Polri untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Agung.

Selain itu, Polri juga menetapkan seseorang dengan inisial KM sebagai tersangka. Namun, identitas KM belum diungkapkan kepada publik.

Sehingga terdapat empat tersangka dalam kasus ini penembakan Brigadi J, yaitu Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Brigadir Ricky, Irjen Ferdy Sambo, dan KM.

(Tribunnewswiki.com/flza) (Kompas.com/Rahel Narda Chaterine, Adhyasta Dirgantara, Syakirun Ni'am)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved