Festival Qixi

Festival Qixi adalah perayaan hari kasih sayang di Cina yang diperingati pada hari ketujuh bulan ketujuh menurut kalender Cina.


zoom-inlihat foto
Pasangan-mengamati-bintang.jpg
Kompas
Ilustrasi pasangan mengamati bintang

Festival Qixi adalah perayaan hari kasih sayang di Cina yang diperingati pada hari ketujuh bulan ketujuh menurut kalender Cina.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Festival Qixi adalah perayaan Valentine di Cina yang diperingati setiap hari ketujuh bulan ketujuh menurut kalender China. (1)

Pada zaman dahulu, masyarakat Cina melihat Galaksi Bima Sakti beberntuk seperti sungai besar di langit yang kemudian dinamai Sungai Langit. 

Di kedua sisi Sungai Langit terlihat konstelasi Aquila dan bintang Vega, keduanya dianggap sebagai perwujudan dari Niulang dan Zhinu.

Festival Qixi tidak melulu berkaitan dengan kasih sayang. Pada zaman dahulu, para perempuan melempar jarum jahit ke mangkuk berisi air pada malam Qixi.

Hal itu digunakan sebagai momen untuk menguji keterampilan menyulam mereka. Jika jarum tidak tenggelam, perempuan tersebut dinilai ahli dalam menyulam.

Selain itu, perempuan lajang juga berdoa aat perayaan ini guna menemukan calon suami yang baik. Perempuan yang baru menikah juga berdoa agar cepat memiliki keturunan. (2)

Saat ini festival Qixi lebih dikenal sebagai perayaan kasih sayang. Tidak sedikit pasangan di Cina yang merayakannya dengan cokelat, makan malam romantis, hingga buket mawar.

  • Sejarah


Pada suatu hari, terdapat seorang gembala sapi muda di Tiongkok Kuno bernama Niu lang.

Niu Lang adalah yatim piatu yang tinggal bersama seekor sapi tua. Suatu hari, ia bertemu dengan seorang wanita muda yang cantik, Zhinv.

Zhinv merupakan putri ketujuh Dewi yang sedang merasa bosan dengan kehidupannya di surga. Zhinv memutuskan untuk pergi ke bumi untuk bersenang-senang.

Beberapa waktu kemudian, Niu dan Zhinv saling jatuh cinta dan menikah. Namun pernikahan tersebut tanpa persetujuan dari Dewi.

Niu menganggap Zhinv merupakan istri yang luar biasa. Begitu juga sebaliknya, Zhinv menganggap Niu sebagau suami yang sempurna. 

Dewi akhirnya mengetahui bahwa putrinya, Zhinv, telah menikah dengan seorang manusia. Dewi sangat marah dan memerintahkan pasukan surga untuk membawa Zhinv kembali. (1)

Setelah Zhinv dibawa kembali ke surga, Niu merasa sedih. Ia pun tidak bisa berbuat apa-apa.

Seketika sapi tua milik Niu mulai berbicara dan mengatakan kepadanya bahwa jika ia membunuh dan menyembunyikannya, ia mungkin bisa pergi ke surga untuk menemukan istrinya.

Mendengar perkataan sapi tuanya, ia bersedih. Namun, Niu Lang mengikuti perkataan sapinya untuk membunuhnya.

Sementara itu, perbuatan Niu Lang diketahui oleh Dewi. Dewi lantas mengeluarkan jepit rambutnya dan menggores sungai lebar di langit .

Ia melakukan hal tersebut agar kedua kekasih itu terpisah selamanya. Sehingga ia membentuk Bima Sakti antara Altair dan Vega.

Sejak saat itu, Zhinv hanya bisa duduk di satu sisi sungai dengan bersedih. Sedangkan Niu lang harus selamanya di sisi lain sungai dan merawat kedua anak mereka.

Tidak hanya keduanya, burung-burung di seluruh dunia pun ikut bersedih mengetahui keduanya yang terpisah. (2)

Oleh karena itu, pada tanggal ketujuh bulan ketujuh menurut penanggalan China, burung-burung tersebut akan terbang bersama untuk membentuk jembatan murai di atas bintang-bintang.

Kemudian mereka memberikan cara bagi kedua kekasih yang terpisah tersebut untuk bertemu selama satu malam.

  • Cara Merayakan


- Mengamati galaxy Bima Sakti

- Unjuk kebolehan dalam menjahit

Festival Qixi dijadikan momen untuk memperlihatkan kemampuan menjahit atau menyulam para perempuan China.

- Memakai Hanfui

Di acara festival ini, perempuan China akan memakai hanfu, pakaian tradisional China yang panjang dengan bagian lengan yang longgar dan ikat pinggang.

- Memohon berkah dalam rumah tangga

- Menyantap qiaoguo

Qiaoguo adalah hidangan pastry tipis yang digoreng, biasanya terbuat dari minyak, tepung, gula, dan madu. 

- Merayakan bersama pasangan (2) 

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/YUSTICA)



Nama Perayaan Festival Qixi
Asal Negara Cina
Jenis Hari Kasih Sayang
   


Sumber :


1. tribunnews.com
2. kompas.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved