Latihan Militer Tiongkok di Sekitar Taiwan Dimulai, Buntut Kunjungan Nancy Pelosi

Hari ini Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok menggelar latihan militer di sekitar Taiwan.


zoom-inlihat foto
militer-Tiongkok.jpg
HECTOR RETAMAL / AFP
Wisatawan melihat helikopter militer Tiongkok terbang melewati Pulau Pingtan, salah satu wilayah Tiongkok yang paling dekat dengan Taiwan. Tiongkok menggelar latihan militer di sekitar Taiwan mulai 4 Agustus 2022,


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Media pemerintah Tiongkok menyebut latihan militer di sekitar Taiwan telah dimulai hari ini, Kamis (4/8/2022).

Latihan yang digelar oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) ini akan berlangsung hingga hari Minggu, (7/8/2022).

"Tentara Pembebasan Rakyat Komando Timur pada hari Kamis menggelar latihan militer berskala besar, termasuk latihan dengan amunisi asli di sekitar Pulau Taiwan," demikian pernyataan TV Pusat Tiongkok (CCTV), dikutip dari The Guardian.

"Selama latihan tempur ini, enam area penting di sekitar pulau (Taiwan) dipilih dan selama periode ini semua kapal dan pesawat tidak diperbolehkan memasuki area perairan dan udara yang bersangkutan."

Enam zona tersebut berada dekat dengan Taiwan dan terkadang tumpang tindih dengan laut teritorial milik Taiwan.

Beberapa zona bahkan dilaporkan sangat dekat dengan pelabuhan penting Taiwan.

Baca: Dua Sekutu Tiongkok Menghujat Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan

Taiwan menuding Tiongkok sengaja melakukan blokade. Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Taiwan mengatakan angkata perangnya "beroperasi seperti biasanya dan memantau area sekitar.

"Kami tidak melihat adanya peningkatan, tetapi kami akan terus bersiaga dalam hal keamanan dan kedaulatan negara kami," kata Kemenhan Taiwan.

"Tindakan ini (latihan militer) adalah upaya pencegahan serius terhadap ekskalasi besar baru-baru ini yang disebabkan oleh aksi buruk AS dalam persoalan Taiwan, dan peringatan besar terhadap 'pasukan kemerdekaan Taiwan' yang sedang mengupayakan kemerdekaan," demikian pernyataan Tentara Pembebasan Rakyat Komando Timur pada hari Selasa, (2/8/2022).

Baca: Lakukan Aksi Balasan, Tiongkok Melarang Sejumlah Impor dari Taiwan

Latihan militer ini adalah buntut kedatangan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan. Tiongkok berulang kali meminta Pelosi agar tidak berkunjung ke Taiwan.

Jepang turut mengkhawatirkan dampak latihan militer ini.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno berujar tempat latihan itu juga mencakup sebagian Zona Ekonomi Eksklusif Jepang.

Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi melambaikan tangan kepada para wartawan ketika tiba di Gedung Parlemen Taiwan, (3/8/2022).
Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi melambaikan tangan kepada para wartawan ketika tiba di Gedung Parlemen Taiwan, (3/8/2022). (SAM YEH / AFP)

"Kedamaian dan stabilitas di Selat Taiwan tidak hanya penting bagi keamanan nasional Jepang, tetapi juga penting bagi masyarakat internasional, dan sikap Jepang adalah berharap adanya solusi damai dalam persoalan Taiwan melalui pembicaraan," kata Matsuno.

Selain, melakukan latihan militer, Tiongkok juga menyiapkan aksi balasan lain untuk Taiwan, yakni larangan impor.

Impor yang dilarang Tiongkok di antaranya buah-buahan, ikan, dan berbagai bahan pangan lainnya.

Baca: Kunjungannya ke Taiwan Dihujat Tiongkok, Nancy Pelosi: Kami Datang dengan Damai

(Tribunnewswiki)

Baca berita lainnya tentang Taiwan di sini







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved