Ikan Red Devil

Ikan red devil adalah ikan predator yang berasal dari Amerika Tengah.


zoom-inlihat foto
Ikan-Red-Devil.jpg
Kompas
Ikan red devil

Ikan red devil adalah ikan predator yang berasal dari Amerika Tengah.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ikan red devil adalah ikan spesies air tawar yang berasal dari Danau Managua dan Danau Nikaragua, Amerika Tengah.

Ikan red devil atau yang disebut dengan ikan iblis merah ini memiliki warna yang menarik. (1)

Ikan ini memiliki banyak variabilitas dalam struktur dan warna tubuhnya. Ikan red devil di alam liar seringkali berwarna cokelat tua hingga abu-abu.

Warna tersebut membantu mereka berbaur dengan lingkungan alami. Namun, terdapat juga ikan red devil berwarna merah cerah, putih, hingga kuning.

Ikan red devil memiliki ekor berujung hitam dan sirip berujung hitam. Bibir ikan ini tebal dan bisa berwarna hitam atau oranye.

Ikan setan merah
Ikan Red Devil hasil tangkapan warga (KOMPAS.COM/DANI J)

Ikan red devil jantan ukurannya lebih besar daripada betina. Selain itu, ikan red devil jantan memiliki punuk permanen pada leher yang digunakan untuk berkembang biak di habitat asli dan memiliki papila genital yang runcing. (2)

Persebaran ikan ini sudah menyebar di seluruh Indonesia, seperti di Waduk Sermo (Yogyakarta), Kedung Ombo (Jawa Tengah), Danau Toba (Sumatera Utara), Danau Sentani (Papua), dan lain sebagainya.

Baca: Harimau Benggala

  • Jenis


Terdapat dua jenis ikan red devil, yakni Amphilophus labiatus (A. labiatus) dan Amphilophus citrinellus (A. citrinellus).

- Red Devil A. labiatus, yaitu ikan besar yang panjangnya mencapai 15 inci atau lebih dari 38 cm saat dewasa.

- Red Devil A. citrinellus, memiliki panjang sekitar 10-14 inci atau 25-35 cm. (1)

Baca: Harimau Siberia

 

  • Perilaku khas


Ikan red devil merupakan jenis ikan yang memiliki kekuatan kuat lantaran memiliki gigi besar dan rahang yang kuat.

Nama red devil atau iblis merah disematkan bukan karena penampilannya yang berwarna merah, melainkan karena ikan ini memiliki perilaku yang buas dan ganas.

Ikan jenis ini menjadi predator atas penghuni aliran air tawar lain seperti siput, ikan kecil, larva, serangga, dan cacing.

Red devil dikenal sangat agresif dan akan mengejar ikan calon mangsanya sampai dapat dan tidak segan melepaskan ekor atau membunuh mereka. (1) 

  • Fakta-fakta


- Ikan red devil awalnya diklasifikasikan pada tahun 1964 sebagai Cichlasoma labiatum oleh seorang pria bernama Gunther.

- Red devil merupakan kategori ikan predator.

- Di Indonesia, ikan red devil merupakan ikan yang terlarang. Hal ini sesuai pada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41/PERMEN-KP/2014. Spesies ikan red devil yang dilarang di dalam aturan tersebut adalah Amphilophus citrinellus.

- Red devil diperkenalkan ke Danau Jawa, Papua, dan Sulawesi dan sekarang dianggap sebagai ikan invasif. Hal ini lantaran ikan red devil merupakan ikan yang buas dengan gigi besar dan rahang yang kuat. (2)

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/YUSTICA)

 



Nama Hewan Ikan red devil, ikan setan merah
Jenis Ikan predator
Asal Amerika Tengah
   


Sumber :


1. kompas.com
2. tribunnews.com






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved