Harap Waspada! Ini Cara Mencegah Tertularnya Monkeypox atau Cacar Monyet

Masyarakat Indonesia harap mewaspadai penyakit Monkeypox atau Cacar Monyet. Berikut cara untuk mencegah tertular cacar monyet.


zoom-inlihat foto
Tes-PCR-Monkeypox.jpg
rte.ie
Roche mengklaim berhasil menemukan alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dapat mendeteksi penyakit cacar monyet (Monkeypox), saat virus itu menyebar ke luar dari negara endemik. Berikut cara untuk mencegah tertular Mokeypox atau cacar monyet.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Masyarakat Indonesia harap mewaspadai penyakit Monkeypox atau Cacar Monyet.

WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia telah memperingatkan bahwa kemungkinan virus ini akan makin menyebar ke berbagai negara.

Menurut dr. Pratiwi Prasetya Primisawitri, mahasiswa PPDS-DV yang bertugas di Poli Dermatologi Tropik RSUD dr. Moewardi Surakarta, penularan dari hewan ke manusia (zoonotik) dapat terjadi dari kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, atau lesi kulit atau mukosa dari hewan yang terinfeksi.

"Penularan dari manusia ke manusia dapat terjadi akibat kontak dekat dengan sekret pernapasan, lesi kulit orang yang terinfeksi, atau benda yang baru saja terkontaminasi,"

"Penularan melalui saluran pernapasan biasanya memerlukan kontak yang berkepanjangan sehingga menempatkan tenaga kesehatan dan kontak dekat lainnya dari kasus aktif pada risiko yang lebih besar," ujar Pratiwi.

Maka dari itu, masyarakat dapat melakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak tertular.

Salah satu mahasiswa PPDS-DV yang bertugas di poli Dermatologi Tropik RSUD Moewardi, dr Annisa Marsha Evanti membeberkan cara untuk mencegah tertular cacar monyet, yakni:

- Cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer

- Hindari kontak langsung dengan tikus atau primata

- Membatasi paparan langsung dengan darah atau daging hewan yang tidak dimasak dengan baik

- Hindari kontak fisik dengan orang yang terinfeksi

- Menghindari kontak dengan material yang terkontaminasi termasuk tempat tidur atau pakaian yang digunakan penderita cacar monyet

- Menghindari kontak dengan hewan liar atau mengonsumsi daging hewan liar.

Baca: Apa Itu Cacar Monyet ? Sebabkan Timbulnya Ruam di Wajah dan Bagian Tubuh Lain Akibat Virus Langka

Melansir laman fkm.unair.ac.id, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat dan World Health Organization (WHO) memberikan langkah langkah pencegahan berikut ini:

- Hindari kontak apa pun dengan hewan sumber virus terutama golongan rodensia dan primata (termasuk hewan yang sakit atau yang ditemukan mati di daerah monkeypox terjadi).

- Hindari kontak dengan bahan apa pun (seperti darah atau daging yang tidak dimasak dengan baik) yang telah bersentuhan dengan hewan yang sakit.

- Pisahkan penderita yang terinfeksi dari orang lain yang bisa berisiko terinfeksi.

- Bersihkan tangan, baik setelah kontak dengan hewan atau orang yang terinfeksi. Misalnya, mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

- Gunakan alat pelindung diri saat merawat penderita. Sebaiknya tenaga kesehatan, laboratorium, maupun orang orang yang diduga terpapar dengan penderita dan spesimennya diberikan vaksin smallpox.

(Tribunnewswiki.com/Flza), (Tribunnews.com/Renald)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved