Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) adalah partai politik di Indonesia yang didirikan pada 5 Januari 1973.


zoom-inlihat foto
Logo-Baru-Partai-Persatuan-Pembangunan-PPP.jpg
Kompas TV
Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) adalah partai politik di Indonesia yang didirikan pada 5 Januari 1973.




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) adalah salah satu partai politik yang ada di Indonesia.

PPP didirikan pada tanggal 5 Januari 1973 yang merupakan hasil gabungan dari empat partai berbasis Islam, yakni Partai Nahdhatul Ulama, Partai Muslimin Indonesia (Parmusi), Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII), dan Partai Islam Perti. (1)

PPP mempunyai platform yang terbagi dalam beberapa bidang, yakni agama, politik, ekonomi, hukum, sosial, pengetahuan dan keterampilan, dan pendidikan.

Dalam bidang agama, PPP mengedepankan peran agama sebagai panduan moral dan sumber inspirasi dalam kehidupan negara dengan hubungan yang bersifat simbiotik, sinergis serta saling membutuhkan dan memelihara.

Dalam bidang politik, PPP berfokus dalam aspek penguatan kelembangaan, mekanisme, dan budaya politik yang berdemokratis dan ber-akhlaqul karimah demi meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Dalam bidang ekonomi, PPP menekankan pada konsep ekonomi kerakyatan. Menegakkan supremasi hukum akan selalu dijunjung tinggi oleh PPP dengan ikut serta dalam upaya pemberantasan KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme), penguatan institusi dan instrumen penegak hukum serta selalu ikut aktif dalam pembaharuan hukum nasional.

Dalam sektor sosial, PPP berkomitmen untuk terus mewujudkan kehidupan sosial yang religius dan bermoral dengan menghilangkan budaya kekerasan dan mengembangkan nilai-nilai sosial budaya.

Dalam bidang pengetahuan dan keterampilan, PPP ikut membantu demi terbentuknya manusia yang berkualitas dan menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama dalam pembangunan kesejahteraan. (2)

Baca: Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

  • Sejarah #


Pembentukan partai ini dipelopori oleh KH Idham Chalid (Ketua Umum PB NU), H.Mohammad Syafaat Mintaredja (Ketua Umum Parmusi), S.H, Haji Anwar Tjokroaminoto ( Ketua Umum PSII), Haji Rusli Halil (Ketua Umum Perti), dan Haji Mayskur (Ketua Kelompok Persatuan Pembangunan di DPR).

Dengan gabungan dari berbagai partai besar berbasis Islam, maka PPP telah memproklamirkan diri sebagai “Rumah Besar Umat Islam”.

PPP menerapkan asas Islam dengan lambang Kabah di awal berdirinya. Namun sejak tahun 1984, PPP menggunakan asas Negara Pancasila sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan sistem politik yang berlaku saat itu.

Perubahan asas disebabkan karena adanya tekanan politik dalam kekuasaan Orde Baru. Selanjutnya PPP secara resmi menggunakan asas Pancasila dengan lambang bintang dalam segi lima berdasarkan Muktamar I PPP tahun 1984.

Dalam perjalannya, PPP kembali menggunakan asas Islam dengan lambang Kabah sejak tumbangnya kekuasaan Presiden Soeharto di tahun 1998 dan berdasarkan kesepakatan dalam Muktamar IV akhir tahun 1998.

PPP berkomitmen terus menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila, meskipun partai menggunakan asas Islam.

PPP melantik ketua umum yang pertama pada periode 5 Januari 1973-1978, yakni H.Mohammad Syafaat Mintaredja, SH.

Selanjutnya ketua umum partai secara berturut-turut antara lain H. Jailani Naro, SH, H. Ismail Hasan Metareum, SH, H. Hamzah Haz, yang terbaru adalah H. Suryadharma Ali yang terpilih melalui Muktamar VI yang diadakan pada tahun 2007, selanjutnya pada Muktamar VIII 2016 Romahurmuziy (Gus Romy) terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum DPP PPP.

Saat Ini PPP dipimpin oleh Suharso Monoarfa yang terpilih pada Muktamar IX di Kota Makassar. (2)

Baca: Partai Sosialis Indonesia

  • Visi & Misi #


Visi

Terwujudnya masyarakat yang bertaqwa kepada Allah SWT dan negara Indonesia yang adil, makmur, sejahtera, bermoral, demokratis, tegaknya supremasi hukum, penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM), serta menjunjung tinggi harkat-martabat kemanusiaan dan keadilan sosial yang berlandaskan kepada nilai-nilai ke-Islaman.

Misi

1. PPP mengedepankan peran agama sebagai panduan moral dan sumber inspirasi dalam kehidupan negara dengan hubungan yang bersifat simbiotik, sinergis serta saling membutuhkan dan memelihara. Hal ini diwujudkan dengan sikap saling toleransi antar-umat beragama.

2. PPP terfokus dalam aspek penguatan ke-lembangaan, mekanisme dan budaya politik yang ber-demokratis dan ber-akhlaqul karimah demi meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM), serta menghargai kebebasan berekspresi, berpendapat dan berorganisasi.

2. PPP lebih menekankan pada konsep ekonomi kerakyatan. Menegakkan supremasi hukum akan selalu dijunjung tinggi oleh PPP dengan ikut serta dalam upaya pemberantasan KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme), penguatan institusi dan instrumen penegak hukum serta selalu ikut aktif dalam pembaharuan hukum nasional.

3. PPP selalu berkomitmen untuk terus mewujudkan kehidupan sosial yang religius dan bermoral dengan menghilangkan budaya kekerasan dan mengembangkan nilai-nilai sosial budaya. Kemudian dalam bidang pengetahuan dan keterampilan, PPP ikut membantu demi terbentuknya manusia yang berkualitas dan menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama dalam pembangunan kesejahteraan. (1) 

Baca: Partai Demokrat

  • Struktur Kepengurusan #


Strukrut kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP periode 2020-2025 adalah sebagai berikut

Ketua Umum: Suharso Monoarfa

Sekretaris Jenderal: Muhamad Arwani Thomafi

Bendahara Umum: Surya Batara Kartika

Wakil Ketua Umum

- Zainut Tauhid Sa'adi

- Arsul Sani

- Ermalena

- Amir Uskara

- Musyaffa Noer

Wakil Sekretaris Jenderal

- Qonita Lutfiyah

- Idy Muzayyad

Wakil Bendahara Umum: Lukman Yani

Bidang Fungsional

- Achmad Baidowi

- Jafaruddin Harahap

- Rendhika Deniardy Harsono

- M Qoyyum Abdul Jafar

- Saifullah Tamliha

- Nyoman Anjani

Bidang Isu Strategis

- Habib Hasan Mulachela

- Warti'ah

- Iliza Sa'adudin Jamal

- Joko Purwanto

- Rina Fitri

- Syamsurizal

- Arik Heru Maryati

- Ema Umiyyatul Chusna

- Gus Rojih Maimoen

- Andi Surya

- Anggi A Paturusi

- Irene Rusli Halil

Bidang Pemenangan Dapil

- Hilman Ismail Metareum

- Komarudin Thaher

- N.Fitri Ani Gayo

- Dewi Arimbi

- Sarah Larasati

- Habib Farhan Al Amri

- Syarifah Amelia

- Dony Ahmad Munir

- Yunus Razak

- Ainul Yaqin

- Hakim Muzadi

- Nadia Hasna Humaira

- Hendra Kusumah

- Chairunnisa

- Audy Joinaldy (1) 

- Yudhistira Raditya Soesatyo

- Adika Lubis

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/YUSTICA)



Nama Partai Politik Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
Didirikan 5 Januari 1973
Asas Islam
Jenis Partai Politik
   


Sumber :


1. kompas.com
2. ppp.or.id


Ikuti kami di


KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved