Fakta Polemik Zulkifli Hasan Bagikan Minyak Goreng Sambil Kampanye, Teguran Jokowi hingga Klaim PAN

Zulkifli Hasan membagikan minyak goreng untuk warga Kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (9/7/2022), bertajuk PANsar


zoom-inlihat foto
Menteri-Perdagangan-Zulkifli-Hasan-saat-rapat-kerja-perdananya.jpg
Dokumentasi Kementerian Perdagangan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat rapat kerja perdananya dengan Komisi VI DPR RI, memperkenalkan Minyak Goreng Kita yang akan diluncurkan esok hari (6/7/2022). Zulhas Bagi-bagi Migor Sambil Kampanye hingga Ditegur Jokowi


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kegiatan bagi-bagi minyak goreng (migor) sambil berkampanye yang dilakukan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) sampai ke telinga Presiden Joko Widodo, hingga akhirnya mendapat pembelaan dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Joko Widodo mengingatkan Zulkifli Hasan fokus bekerja menurunkan harga minyak goreng curah hingga Rp 14.000 per liter.

Di lain pihak, PAN menilai seharusnya apa yang Zulkifli Hasan lakukan ini layak diapresiasi.

"Kalau menteri perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin. Bagaimana menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp 14.000 atau di bawah Rp14.000. Paling penting itu, tugas dari saya itu," ujar Jokowi usai menyerahkan bantuan sosial kepada pedagang dan masyarakat di Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022), dikutip dari Kompas.com.

Jokowi menjelaskan, jika Mendag pergi ke pasar-pasar adalah untuk mengecek harga minyak atau komoditas pangan lainnya maka yang harus dipastikan adalah harga minyak goreng curah hingga harganya terjangkau masyarakat.

"Jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium (yang dicek). Yang kita cek adalah minyak goreng curah agar harganya di angka Rp14.000 di atau di bawahnya," tegasnya.

Klaim PAN

Sementara, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan, kegiatan bagi-bagi minyak goreng (migor) sambil berkampanye yang dilakukan Zulkifli Hasan murni kegiatan partai.

"Kebetulan, pada kegiatan tersebut dilaksanakan pembagian minyak goreng murah, Minyakita, besutan Kemendag. Karena ini adalah kegiatan partai, pengadaan minyak goreng tersebut dilakukan secara swadaya. Artinya, pengurus partai dan caleg PAN yang membelinya kepada distributor. Lalu, dibagikan kepada masyarakat secara gratis," ujar Saleh kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

Saleh Partaonan Daulay. Ia menegaskan, kegiatan bagi-bagi minyak goreng (migor) sambil berkampanye yang dilakukan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) murni kegiatan partai.
Saleh Partaonan Daulay. Ia menegaskan, kegiatan bagi-bagi minyak goreng (migor) sambil berkampanye yang dilakukan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) murni kegiatan partai. (Tribunnews.com)

Saleh mengatakan, seharusnya Zulkifli Hasan layak diapresiasi.

Sebab, ia memiliki niat untuk membantu masyarakat dengan membagikan minyak goreng.

"Sekaligus menunjukkan kalau pemerintah mampu menurunkan harga minyak goreng. Sementara kita tahu bahwa persoalan minyak goreng telah banyak menyusahkan masyarakat, terutama ibu-ibu," tutur dia.

Baca: Klarifikasi PAN Setelah Zulkifli Hasan Bagikan Minyak Goreng Murah Sambil Kampanye Pilih Putrinya

Seperti diketahui, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga Mendag Zulkifli Hasan membagikan minyak goreng untuk warga Kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (9/7/2022), bertajuk PANsar.

Warga yang datang ke PANsar bisa membeli 1 liter minyak goreng seharga Rp 10.000.

Namun, minyak goreng itu digratiskan.

Sebagai gantinya, Zulkifli Hasan  meminta ibu-ibu untuk memilih Futri sebagai calon Legislatif PAN Dapil Lampung 1.

"Uangnya enggak usah, dikantongin ajah. Rp 10.000 yang nanggung Futri. Kasih uangnya. Nanti pilih Futri, ada deh ginian dua bulan sekali," kata Zulkifli seperti ditayangkan Kompas TV.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved