Viral Uang Rupiah Bergambar Presiden Jokowi, BI Pastikan Hoaks : Harus Pahlawan yang Meninggal

Sebuah unggahan yang menyebutkan keberadaan uang kertas baru bergambar Presiden Jokowi dengan nilai Rp 100 bertuliskan "Bank Indonesia" viral


zoom-inlihat foto
Uang-kertas-baru-bergambar-Presiden-Jokowi.jpg
TikTok
Sebuah unggahan yang menyebutkan adanya uang kertas baru bergambar Presiden Jokowi dengan nilai Rp 100 bertuliskan "Bank Indonesia" viral di media sosial TikTok.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bank Indonesia (BI) memastikan uang Rp 100 dengan gambar Presiden Joko Widodo yang beredar di sosial media adalah uang palsu.

Menanggapi viral uang bergambar Jokowi, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menjelaskan, ketentuan  penggunaan gambar manusia di uang rupiah ialah hanya untuk pahlawan yang sudah meninggal.

Erwin menuturkan, pahlawan yang boleh dicetak gambarnya di uang rupiah haruslah memiliki rekam jejak bagus dan memiliki kredibilitas sebagai seorang pahlawan.

"Salah satu yang sebagai acuan, kalau pun mau pakai gambar orang itu gambar pahlawan yang sudah meninggal beberapa waktu yang lalu," ujarnya kepada wartawan di Hotel Mulia Nusa Dua, Bali pada Selasa (12/6/2022), dikutip dari Kompas.com.

Maka, uang rupiah tidak mungkin dicetak menggunakan gambar tokoh yang masih hidup, seperti Presiden Joko Widodo.

"Jadi kan kita tidak tahu ya kalau misalkan, mohon maaf ya, kalau dia masih hidup terus kemudian tersangkut apa-apa kemudian dia sudah disimpan sebagai gambar uang kan itu berisiko," ucapnya.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Selasa (3/5/2022).
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Selasa (3/5/2022). (Setkab.go.id)

Sehingga, dapat dipastikan uang Rp 100 bergambar Presiden Jokowi yang viral di sosial media adalah uang palsu.

"Artinya kalau orang yanh masih hidup sih tidak akan. Tapi hoaks kaya gitu banyak kok," kata dia.

Sebuah unggahan yang menyebutkan keberadaan uang kertas baru bergambar Presiden Jokowi dengan nilai Rp 100 bertuliskan "Bank Indonesia" viral di media sosial TikTok.

Dalam video yang diunggah pada akhir Juni 2022 oleh akun TikTok @ins4nt4k_puny4, ]uang kertas Rp 100 itu disebut dikeluarkan oleh BNI.

Uang Rp 100 akan menggantikan uang kertas pecahan Rp 100.000 yang saat ini beredar.

“Mata uang Terbaru Bergambar Presiden Jokowi Rencana akan dikeluarkan BNI Baru-Baru ini Pengganti uang pecahan Uang Seratus ribu rupiah,” tulisnya.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved