SMA SPI (Selamat Pagi Indonesia)

SMA SPI adalah sekolah asrama yang terdapat di Kota Batu dan didirikan oleh Julianto Eka Putra.


zoom-inlihat foto
SMA-SPI-Selamat-Pagi-Indonesia.jpg
Tribunnews
SMA SPI (Selamat Pagi Indonesia), sekolah asrama yang seluruh biaya hidup dan biaya pendidikan ditanggung sepenuhnya oleh Yayasan.

SMA SPI adalah sekolah asrama yang terdapat di Kota Batu dan didirikan oleh Julianto Eka Putra.




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - SMA SPI (Selamat Pagi Indonesia) adalah sekolah berasrama yang didirikan oleh Julianto Eka Putra.

Sekolah ini berlokasi di Jalan Pandanrejo No. 2, Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. (1) 

Sekolah gratis ini dibangun dengan harapan untuk membantu anak-anak yatim piatu dan kurang mampu, agar bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu SMA.

SMA Selamat Pagi Indonesia merupakan sekolah gratis karena seluruh biaya hidup dan biaya pendidikan ditanggung sepenuhnya oleh Yayasan dan dilaksanakan oleh sekolah.

Selamat Pagi Indonesia (SMA SPI)
SMA SPI (Selamat Pagi Indonesia)

Keunikan sekolah Selamat Pagi Indonesia adalah keharmonisan dan toleransi yang terjadi pada siswa dan siswi disana berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dan dengan latar belakang, serta suku, agama, ras, dan budaya yang beragam.

Baca: SMA Negeri 8 Bandung

  • Sejarah #


SMA Selamat Pagi indonesia berdiri sejak 1 Juni 2007.

SMA ini dikenal dengan sekolah yang unik karena dikenal dengan 5 agamanya.

Anak-anak yang bersekolah di Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) tidak hanya berasal dari Malang atau Jawa Timur saja, tetapi juga dari seluruh wilayah Indonesia. (1) 

SMA Selamat Pagi Indonesia merupakan satu-satunya SMA di kota Batu yang menerapkan muatan lokal entrepreneurship lengkap dengan laboratoriumnya dengan nama Kampoeng Succezz.

Kampoeng Succezz didirikan sebagai sarana belajar secara langsung dalam menerapkan teori-teori yang didapatkan dikelas.

Sehingga nantinya peserta didik dapat mengalami dengan nyata dan menjadi kebiasaan (habit). Muatan lokal ini dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah kota Batu yang akan menjadikan kota batu sebagai kota wisata pendidikan.

Program entrepreneurship yang dikembangkan oleh SMA Selamat Pagi Indonesia dilaksanakan sebagai sarana untuk memacu kemampuan life skill peserta didik sehingga nanti lulusannya mampu bersaing di era global.

Pada 23 Januari 2010, Laboratorium Enterprenuer dan Life Skill (Transformer Center) di buka. Di dalamnya terdapat Kampoeng Kidz, Kampoeng Teenz, dan Kampoeng Succezz. (2)

Baca: SMA Negeri 3 Bandung

 

  • Visi & Misi #


Visi

Membentuk Manusia Indonesia Yang Berjiwa Pancasila, Unggul, Mandiri, Berbudaya, Cinta Lingkungan, Dan Mampu Bersaing Di Era Global.

Misi

1. Menyelenggarakan pembelajaran bidang keimanan dan ketaqwaan/ketaatan (imtaq), dengan membiasakan beribadah bersama-sama sesuai dengan jadwal dan agama masing-masing.

2. Meningkatkan nilai-nilai kemanusiaan, persaudaraan, demokrasi, dan keadilan sosial, dengan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan di asrama.

3. Meningkatkan keunggulan akademik dengan cara mengoptimalkan efektifitas proses pembelajaran didalam kelas dan diluar kelas.

4. Meningkatkan keunggulan di bidang non akademik dengan kegiatan esktrakurikuler di luar jam sekolah.

5. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), melalui proses belajar mengajar berbasis teknologi dengan menggunakan fasilitas komputer, LCD dan jaringan internet dalam Proses pembelajaran.

6. Menanamkan jiwa kewirausahaan (enterpreneurship) melalui kegiatan ek strakurikuler.

7. Membiasakan warga sekolah untuk berprilaku bersih dan mempunyai rasa mencintai lingkungan.

8. Menyelenggarakan pembelajaran berbasis kecakapan hidup (life skill) untuk menjadi generasi mandiri, melalui metode penilaian PAKSA (Pray, Attitude, Knowledge, Skill, Action).

9. Menyelenggarakan pembelajaran yang mampu bersaing di era global, dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis IT (informatika dan teknologi) serta pembiasaan berbahasa asing (bahasa inggris, dan bahasa mandarin). (1)

Baca: SMA Negeri 5 Semarang

 

  • Pembenahan #


SMA Selamat Pagi Indonesia masih melakukan pembenahan secara bertahap mulai dari sarana kantor, pembelajaran, dan laboratorium sekolah.

Setiap tahun pelajaran direncanakan terdapat penambahan sarana yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.

Pembenahan secara bertahap ini dikarenakan pihak sekolah menyesuaikan dengan aliran dana yang dikeluarkan oleh Yayasan Selamat Pagi Indonesia.

Pihak yayasan dan sekolah selalu optimis akan mewujudkan pendidikan gratis dan menghasilkan peserta didik yang mempunyai dedikasi tinggi dan menguasai teknologi. (2)

Baca: SMA Negeri 1 Salatiga

 

  • Kasus Julianto Eka Putra #


Pendiri SMA SPI (Selamat Pagi Indonesia), Julianto Eka Putra merupakan terdakwa kasus kekerasan seksual pencabulan terhadap sembilan siswi SMA SPI.

Julianto ditetapkan sebagai tersangka pada 5 Agustus 2021.

Pendiri SMA SPI itu dijemput paksa tim jaksa dari Kejaksaan Negeri Kota Batu dan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur pada Senin 11 Juli 2022.

Ia dijemput paksa di kawasan Citraland, perumahan elit di wilayah Surabaya bagian barat.

Setelah penangkapan, Julianto Eka Putra langsung ditahan di Lapas Lowokwaru Malang. (3) 

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/YUSTICA)



Nama Sekolah SMA SPI (Selamat Pagi Indonesia)
Pendiri Julianto Eka Putra
Berdiri 1 Juni 2007
Lokasi Jalan Pandanrejo No. 2, Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
Jenis Sekolah Gratis, Sekolah Asrama


Sumber :


1. selamatpagiindonesia.org
2. tribunnews.com
3. wartakota.tribunnews.com


Ikuti kami di


KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved