Nasdem Pilih Anies, Ganjar dan Jenderal Andika Jadi Bakal Capres, Apa Alasannya?

Tiga sosok itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa


zoom-inlihat foto
Gubernur-DKI-Jakarta-Anies-Baswedan-tiba-di-gedung-KPK-15.jpg
Tribunnews/Irwan Rismawan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengungkapkan alasan pemilihan tiga nama untuk menjadi bakal calon presiden (capres) Pemilu 2024 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem.

Tiga sosok itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Willy menjelaskan, alasan Anies dan Ganjar dipilih lantaran keduanya memiliki elektabilitas yang kuat di banyak survei.

"Ya itu lah rasionalitas berpolitik, bagaimana dua besar itu hampir di semua survei yang kami lakukan, dalam survei dapil yang kami lakukan, dua nama itu sangat dominan. Sehingga itu menjadi pilihan yang rasional bagi kami Partai Nasdem," ujar Willy kepada wartawan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat (17/6/2022) malam, dikutip dari Kompas.com.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Untuk Andika Perkasa, pengusulan Panglima TNI itu berdasarkan pertimbangan variabel yang lebih kualitatif.

"Bagaimana komitmen menjaga negara bangsa, bagaimana komitmen menjaga stabilitas, dan kemudian keseimbangan antara representasi sipil dan militer," tuturnya.

Selanjutnya, Nasdem akan menjalin komunikasi dengan Anies, Ganjar, dan Andika.

Kemudian Nasdem akan terlebih dahulu mendengar respons dari ketiga nama bakal capres tersebut.

"Komunikasi kultural, komunikasi emosional, personal approach, tentu akan kami bangun dengan tiga kandidat tersebut," imbuh Willy.

Baca: Jadi Idaman DPW Nasdem untuk Pilpres 2024, Ganjar : Lamaran? Saya PDI Perjuangan

Baca: Ungguli Ungguli Prabowo dan Anies dalam Survei Charta Politika, Ganjar : Biasa Saja

Sebelumnya, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Jenderal Andika Perkasa menjadi nama yang diusulkan Partai Nasdem untuk kandidat capres Pemilu 2024.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yakin tim Steering Comittee Rakernas Nasdem sudah merenungkan ketiga nama capres itu dengan serius sebelum menyerahkan nama-nama itu kepadanya.

"Rekomendasi yang ditujukan kepada saya, dengan amanah rakernas ini memutuskan menetapkan rekomendasi nama-nama bakal capres RI yang akan diusung Partai Nasdem pada Pemilu 2024 yang akan datang dari tiga nama. Tiga nama ini adalah pilihan saudara-saudara," kata Surya Paloh.

"Saya akan bacakan, penetapan rekomendasi bakal capres pada Pemilu 2024. Pertama, Anies Rasyid Baswedan, kedua Muhammad Andika Perkasa, ketiga Ganjar Pranowo," kata Surya.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved