Puncak Arus Balik Diperkirakan 7-8 Mei, Kemenhub Imbau Pemudik Hindari Tanggal Itu

Kemenhub meminta pemudik untuk melakukan perjalanan kembali lebih awal, guna menghindari puncak arus balik yang diperkiran tanggal 7-8 Mei.


zoom-inlihat foto
Puncak-Arus-Mudik-di-Pelabuhan-Merak.jpg
KOMPAS.COM/RASYID RIDHO
Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diprediksi Malam Ini hingga Pagi


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta pemudik yang masih berada di kampung halaman untuk melakukan perjalanan kembali lebih awal.

Pasalnya, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 7-8 Mei.

"Mengingat puncak arus balik akan sangat padat, untuk menghindari kemacetan panjang, pemudik bisa kembali lebih awal (sebelum tanggal 7-8) atau di atas tanggal 8 (memperpanjang cuti). Khususnya pengguna mobil pribadi," beber Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (3/5/2022).

Adita menjelaskan imbauan tersebut juga telah disampaikan oleh Presiden Jokowi Widodo yang meminta pemudik untuk kembali sebelum tanggal 7 dan 8 Mei 2022.

Selain itu, Kemenhub juga mengimbau pemudik serta masyrakat untuk menaati aturan lalu lintas (lalin), terlebih di jalan tol.

Sejumlah kendaraan pemudik memadati Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Memasuki puncak mudik Lebaran 2022 lalu lintas sepanjang tol Jakarta-Cikampek hingga Cikopo-Palimanan (Cipali) menunjukkan peningkatan. Tampak foto udara menunjukan peningkatan volume kendaraan dari Jakarta menuju tol Trans Jawa. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (WARTA KOTA/Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)
Sejumlah kendaraan pemudik memadati Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Memasuki puncak mudik Lebaran 2022 lalu lintas sepanjang tol Jakarta-Cikampek hingga Cikopo-Palimanan (Cipali) menunjukkan peningkatan. Tampak foto udara menunjukan peningkatan volume kendaraan dari Jakarta menuju tol Trans Jawa. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (WARTA KOTA/Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) (WARTA KOTA/Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Baca: Kanal Streaming CCTV untuk Pantau Arus Kemacetan Mudik Lebaran 2022

Lantaran rekayasa lalin akan terus dilakukan pada arus balik berdasarkan diskresi kepolisian.

"Cari terus informasi terkini lewat media atau media sosial milik operator jalan tol dan kepolisian," imbuhnya.

Adita juga meminta masyarakat menggunakan rest area di jalan tol seperlunya agar menghindari kepadatan di ruas tol seperti yang terjadi pada puncak mudik kemarin.

"Gunakan rest area seperlunya, agar tidak menimbulkan kepadatan dan imbas kemacetan hingga badan tol," ujar dia.

Hal lain yang perlu diperhatikan pemudik ialah tetap menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan mudik maupun balik.

Sebab, Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.

Ilustrasi mudik Lebaran
Ilustrasi mudik Lebaran (TRIBUN JABAR/TEUKU MUH GUCI S)

Baca: Daftar Nomor Telepon Penting untuk Perjalanan Mudik Lebaran 2022

Di tempat terpisah, Presiden Joko Widodo telah meminta masyarakat untuk melakukan perjalanan balik dari kampung halaman lebih awal.

"Setidaknya 85,5 juta masyarakat, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini. Jumlah yang betul-betul banyak sekali sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal," kata Jokowi dilansir dari siaran pers Sekretariat Presiden, Senin (2/5/2022).

"Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan hari Minggu. Pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni," imbuh Jokowi.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUAN)

Baca lengkap soal mudik lebaran di sini







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved