Polisi Belum Temukan Penyebab Kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya

Barang bukti yang diperoleh selama identifikasi lokasi kebakaran di antaranya sisa abu di lantai 10, kabel serta bekas lampu.


zoom-inlihat foto
Tunjungan-Plaza-Surabaya.jpg
travel.kompas.com
Tunjungan Plaza terletak di kota Surabaya.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur belum dapat memastikan penyebab kebakaran di Tunjungan Plaza (TP) 5, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Hingga kini, Tim Labfor masih menganalisis hasil temuan di lapangan.

"Saat ini kita sedang melaksanakan sinkronisasi antara temuan kita di lapangan, temuan barang bukti, keterangan saksi dan gambar gedung teknis dari TP," kata Kepada Bidang Laboratorium Forensik Polda Jatim, Kombes Pol Sodiq Pratomo, Kamis (14/4/2022).

Sementara, barang bukti yang diperoleh selama identifikasi lokasi kebakaran di antaranya sisa abu di lantai 10, kabel serta bekas lampu.

Temuan itu akan diuji laboratorium untuk memastikan penyebab kebakaran.

"Ini hasil sementara ya dari pemeriksaan tadi. Kita masih belum bisa berikan keterangan resmi terkait lebih jelasnya dari insiden kebakaran di TP. Masih menunggu hasil pemeriksaan labfor itu dan akan keluar pada tiga hingga empat hari ke depan," jelasnya.

Kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya, Rabu (13/4/2022).
Kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya, Rabu (13/4/2022). (Istimewa via Tribun Madura)

Api berasal dari lantai 10

Sodiq menjelaskan, berdasarkan identifikasi pada Kamis (14/4/2022), sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, ada empat lantai yang terbakar. Yakni lantai 4, 5, 10 dan 11.

Api diduga bersumber dari lantai 10, tepatnya dari plafon yang ada di bagian depan gedung bioskop.

"Jadi kami dari Tim Labfor untuk sementara sudah menyelesaikan penyelidikan kejadian kebakaran di Tunjungan Plaza. Ada empat tempat yang terbakar, yakni lantai 4, lantai 5, lantai 10, dan lantai 11. Kami telusuri dan kami temukan awal api kebakaran berasal dari lantai 10," kata Sodiq.

Baca: Tunjungan Plaza

Baca: Tunjungan Plaza Surabaya Terbakar, Wali Kota Eri Cahyadi Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa

Adapun, di lantai 10 dan 11 masih terpasang garis polisi.

Tim Labfor Polda Jatim masih akan ke lokasi untuk identifikasi lanjutan.

"Untuk memastikannya lagi, kami harus ke sana lagi," jelasnya.

Terpisah, pihak Direktur Marketing Pakuwon Group Sutandi Purnomosi mengatakan bahwa api bermula dari lantai 10 bukan dari lantai 5.

"Diduga api dari lantai 10 yang menjadi pemicu awal semacam komponen dari alat AC yang terpasang di luar, bukan di lantai 5," kata dia kepada wartawan saat menyampaikan keterangan pers di TP 3 Surabaya, Kamis (14/4/2022).

Sutandi mengklaim hal tersebut atas dasar hasil dari investigasi internal dan saksi mata karyawan yang sedang berbuka puasa di lantai tersebut.

Mal Tunjungan Plaza 5, Kota Surabaya, Jawa Timur, terbakar pada Rabu (13/4/2022) sore.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved