412 Korban Robot Trading DNA Pro Lapor ke Bareskrim, Mengaku Rugi Rp 31 Miliar

Ada 412 korban yang mengklaim rugi Rp 31 miliar mendatangi Bareskrim pada Kamis (14/4/2022).


zoom-inlihat foto
Binomo-122.jpg
TRIBUNNEWS.COM/IST
Ilustrasi trading


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ratusan korban kasus penipuan aplikasi robot trading DNA Pro masih terus melaporkan atas kerugian ke penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Ada 412 korban yang mengklaim rugi Rp 31 miliar mendatangi Bareskrim pada Kamis (14/4/2022).

"Kami dari Fraternity Law Firm mewakili para korban robot trading DNA pro mengajukan laporan polisi. Jadi total korban yang kami wakili sebanyak 412 orang dengan total kerugian yaitu Rp 31 miliar," kata kuasa hukum korban, Charles Situmorang di Lobi Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Ilustrasi trading
Ilustrasi trading (Thinkstock)

Charles mengungkapkan, ratusan korban itu berasal dari beberapa wilayah di Indonesia, mulai dari Jawa Timur, Bali, Ambon, hingga Papua.

Mereka dijanjikan keuntungan hingga 20 persen per bulan dari dana awal yang diinvestasikan.

"Nah sebagaimana yang disampaikan oleh kepolisian bahwa para pelaku ini, terlapor ini, upaya mereka mengiming-imingi keuntungan yang passive income ya per hari 1 persen, per bulan 20 persen," ujarnya.

Charles mengatakan pihaknya telah memberikan sebanyak 1.013 lembar bukti transfer dari para korban yang ditujukan ke rekening PT Digital Net Aset dan ke pihak terkait bernama Refa Immanuel Tan.

"Nah itu bisa dibuktikan semua, dan bukti-bukti itu semua sudah kita serahkan kepada pihak penyidik dan kita sudah berkoordinasi dengan pihak penyidik. Mereka menyampaikan bahwa dalam waktu jangka dekat mereka akan melakukan penyitaan atau mungkin follow the money atau aset, untuk meminimalisir kerugian yang diderita korban atau tindak pidana pencucian dari kasus ini," imbuhnya.

Baca: Ivan Gunawan Diperiksa Polisi sebagai Saksi Kasus Dugaan Penipuan Trading DNA Pro

Baca: Jadi Tersangka Kasus Binomo, Fakarich Guru Trading Indra Kenz Langsung Ditahan di Rutan Bareskrim

Kemudian, laporan 412 korban itu telah digabungkan ke laporan yang sebelumnya agar memudahkan penyidik dalam proses penyidikan.

"Nah ini diskusi kita dengan pihak penyidik, kita menyampaikan, tadi kitanya niat untuk satu laporan sendiri, cuma disampaikannya oleh penyidik, sudah ikut gabung yang lain nanti kita akan berikan surat pemberitahuan perkembangan hasil penyidikan atau penyelidikan," tuturnya.

Polisi masih terus mendalami kasus penipuan via aplikasi DNA Pro, dengan memerksa sejumlah saksi dan artis terkait di antaranya Ivan Gunawan.

Polisi menetapkan 12 orang sebagai tersangka kasus robot trading DNA Pro.

Sebanyak 6 dari 12 tersangka sudah ditahan, sedangkan 6 lainnya masih masuk daftar pencarian orang (DPO).

Disinyalir, kasus ini diduga telah merugikan anggota hingga Rp 97 miliar.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved