Menko PMK: Tak Ada Larangan Mudik Lebaran 2022, Diutamakan yang Sudah Divaksin 2 Kali

Kendati pemerintah belum membahas soal penerapan larangan mudik lebaran 2022, Menko PMK menyebut kemungkinan mudik lebaran tahun ini diperbolehkan.


zoom-inlihat foto
menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-muhadjir-effendy.jpg
Tribunnews.com/ Chaerul Umam
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa pemerintah belum membahas penerapan larangan mudik lebaran 2022.

Kendati begitu, Muhadjir menuturkan pemerintah membuka peluang diperbolehkan mudik lebaran tahun ini.

Dikutip dari Kompas.com, dia menjelaskan pelaksanaan mudik lebaran 2022 dikhususkan bagi masyarakat yang sudah menerima vaksinasi Covid-19 dosis kedua dan vaksin booster.

"Belum (pembicaraan soal larangan mudik), Insyaallah mudik boleh, Insyaallah, minimal kita rapikan saja aturannya nanti," tutur Muhadjir di Gedung Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai bertemu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/2/2020). (Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda)
Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai bertemu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/2/2020). (Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda) (Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda)

Baca: Jadwal Imsakiyah dan Waktu Buka Puasa Ramadan 2022 untuk Wilayah Bandung

Baca: Jadwal Imsakiyah dan Waktu Buka Puasa Ramadan 2022 untuk Wilayah Blora

"Yang jelas, yang diutamakan yang boleh mudik itu yang sudah vaksin dua kali dan booster," imbuhnya.

Lantaran itulah, Muhadjir menghimbau masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi Covid-19, baik vaksinasi dosis kedua maupun vaksinasi booster.

"Karena untuk jaga-jaga marilah kita segera kita melengkapi vaksin dosis dua dan booster itu rame-rame booster. Kita pastikan mereka yang booster aman untuk mudik," kata Muhadjir.

Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik lebaran tahun 2020 dan tahun 2021 karena pandemi Covid-19.

Menko PMK Muhadjir Effendy saat memberikan sambutan dalam kunjungan kerjanya ke Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (10/11/2019).(Humas Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy saat memberikan sambutan dalam kunjungan kerjanya ke Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (10/11/2019).(Humas Kemenko PMK) (Kompas.com)

Baca: Luhut: Jangan Pilih-Pilih Jenis Vaksin Booster, Semua Sama Saja

Baca: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang hingga 21 Maret, 7 Daerah Berstatus Level 4

Kebijakan tersebut diambil lantaran tingginya angka penularan dan kematian yang disebabkan Covid-19 setelah beberapa kali libur panjang, terlebih setelah libur Natal dan tahun baru.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUAN)

Baca lengkap soal bulan ramadan di sini







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved