Bupati Penajam Paser Utara Jadi Tersangka Kasus Suap, Uang Rp1,4 Miliar Disita KPK

Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas'ud resmi, ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap.


zoom-inlihat foto
Bupati-Penajam-Paser-Utara-Abdul-Gafur-Masud.jpg
TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas'ud, resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan suap proyek dan perizinan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, tahun 2021-2022.

Dalam kasus tersebut, selain Abdul Gafur, KPK juga menetapkan 5 orang tersangka lainnya, yakni Plt. Sekda PPU Mulyadi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang PPU Edi Hasmoro, Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga PPU Jusman, Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis dan satu pihak swasta sebagai pemberi suap yaitu Achmad Zuhdi alias Yudi.

Penetapan tersangka ini disampaikan langsung oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, pada Kamis (13/1/2022) malam.

"KPK melakukan penyelidikan yang kemudian ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup sehingga KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan tersangka," kata Alex.

Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Abdul Gafur Mas'ud
Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Abdul Gafur Mas'ud (KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATON)

Baca: Abdul Gafur Masud

Baca: Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Masud Terjaring OTT KPK di Jakarta

Alex mengatakan Abdul Gafur Masud terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK di sebuah mal di daerah Jakarta Selatan, pada Rabu (12/1/2022).

Dalam OTT tersebut, KPK menyita uang Rp1,4 miliar.

Alex mengatakan bahwa tim KPK mengamankan uang tersebut dari penangkapan Abdul Gafur di lobi mal kawasan Jakarta Selatan.

"Seluruh pihak yang diamankan beserta barang bukti berupa uang tunai sejumlah Rp1 miliar dan rekening bank dengan saldo Rp447 juta serta sejumlah barang belanjaan dibawa ke gedung Merah Putih untuk dilakukan pemeriksaan dan permintaan keterangan," ujar Alex.

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Baca lebih lengkap seputar berita terkait lainnya di sini











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved