Legenda Komposer Teater Musikal Stephen Sondheim Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun

Stephen Sondheim, sosok ikonik di dunia teater musikal Amerika dengan karya selama lebih dari setengah abad, meninggal dunia pada usia 91 tahun.


zoom-inlihat foto
Legenda-Komposer-Teater-Musikal-Stephen-Sondheim-Meninggal-Dunia-di-Usia-91-Tahun.jpg
New York Times
Legenda Komposer Teater Musikal Stephen Sondheim Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Stephen Sondheim, sosok ikonik di dunia teater musikal Amerika dengan karya selama lebih dari setengah abad, meninggal dunia pada usia 91 tahun.

Dikutip Tribunnewswiki.com dari Comicbook pada Sabtu (27/11/2021), berita ini dikonfirmasi oleh pengumuman dari pengacara dan teman sang mendiang, F. Richard Pappas.

Ia menyebutkan kematian itu terjadi pada hari Jumat (26/11/2021) waktu Amerika Serikat dan Sondheim sempat merayakan Thanksgiving bersama teman-teman sehari sebelumnya.

Sondheim dianggap sebagai bagian berpengaruh dari teater musikal abad ke-20, menggubah musik dan lirik untuk produksi seperti Company, Sweeney Todd, Sunday in the Park with George, dan Into the Woods, serta lirik untuk West Side Story dan Gipsi.

Lahir di Kota New York pada 22 Maret 1930, Stephen Sondheim pertama kali mengembangkan kecintaannya pada teater musikal pada usia sembilan tahun setelah melihat produksi Very Warm of May.

Baca: Profil Chun Doo-hwan, Mantan Diktator Korea Selatan yang Meninggal Dunia pada Usia 90 Tahun

Baca: Daftar Lengkap Pemenang The 42nd Blue Dragon Film Awards

Stephen Sondheim (https://literariness.org/)
Stephen Sondheim (https://literariness.org/) (https://literariness.org/)


Tak lama setelah itu, ia berteman dengan James Hammersetin, putra penulis naskah dan lirik Oscar Hammerstein II.

Hammerstein II kemudian menjadi mentor untuk Sondheim, menciptakan kurikulum untuk menginspirasi dia untuk menulis dan membangun musikal ketika ia masih muda.

Tahun 1957 adalah debit lirik Sondheim di West Side Story, yanhg berlangsung selama lebih dari 732 pertunjukan di Broadway dan kemudian diadaptasi menjadi film hit.

Tahun 1962, A Funny Thing Happened on the Way to the Forum akan menjadi pertunjukan pertama yang menampilkan musik dan lirik dari Sodheim, dan kemudian memenangkan Tony Awards untuk kategori musik terbaik.

Karya Sondheim berkembang pesat pada 1970-an dan 1980-an dengan Company, Follies, A Little Night Music, Pacific Overtures, Sweeney Todd, Merrily We Roll Along, Sunday in the Park With George, dan Into the Woods.

Karya selanjutnya termasuk Assassins, Passion, dan yang terbaru Road Show 2008.

Baca: Pahlawan Bulu Tangkis Indonesia Verawaty Fajrin Meninggal Dunia di Usia 64 Tahun

Baca: Max Sopacua Meninggal Dunia Akibat Sakit Paru-paru

Sementara Sondheim terbuka tentang kebiasaan kerja dan kehidupan pribadinya yang menyendiri, ia menjabat sebagai semacam mentor untuk pencipta Rent, Jonathan Larson.

Stephen Sondheim mengaku sebagai gay di usia 40 tahun dan menikah dengan Jeffrey Scott Romley di tahun 2017.

Selama kariernya, Stephen Sondheim dianugerahi sembilan Tony Awards, delapan Grammy Awards, Pulitzer Price, Presidential Medal of Freedom, dan Lifetime Achievement Tony.

Dia juga memenangkan Academy Award untuk kategori Best Original Song dari lagu Sooner or Later yang dibawakan Madonna.

Karya Sondheim telah diadaptasi menjadi film dan televisi berkali-kali, dengan adaptasi baru dari West Side Story akan dirilis bulan depan dan versi film Merrily We Roll Along juga sedang dikerjakan.


(Tribunnewswiki.com/Natalia Bulan R P)

Baca artikel lainnya terkait Film selengkapnya di sini











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved