Pemerintah Lempar Wacana Bebaskan Wajib Karantina untuk Turis Asing yang Sudah Divaksinasi

Para pemimpin ASEAN di sub-regional IMT-GT dan BIMP EAGA setuju untuk mendorong pengembalian travel corridor dan penggunaan VTL.


zoom-inlihat foto
covid-indonesia-003.jpg
TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA
Pasien positif covid-19 saat terlihat dari jendela kamarnya di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah membuka wacana pembebasan kewajiban karantina bagi turis asing yang sudah divaksin alias penggunaan Vaccinated Travel Lanes (VTL).

Wacana tersebut terlontar saat Presiden RI Joko Widodo bersama petinggi negara lainnya mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-13 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggungkapkan, para pemimpin ASEAN di sub-regional IMT-GT dan BIMP EAGA setuju untuk mendorong pengembalian travel corridor dan penggunaan VTL.

Dengan kata lain, yakni pembebasan karantina bagi turis asing yang telah divaksin.

"Para pemimpin Asean di sub-regional IMT-GT dan BIMP EAGA sepakat bahwa salah satu yang akan didorong adalah mengembalikan travel corridor, dan juga mendorong bagaimana menggunakan VTL," kata Airlangga dalam konferensi pers KTT BIMP-EAGA dan IMF GT, dikutip Kompas.com, Senin (1/11/2021).

Para pekerja menyiapkan peralatan di Ruang ICU di Tower 7 Wisma Atlet yang menjadi Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020)
Para pekerja menyiapkan peralatan di Ruang ICU di Tower 7 Wisma Atlet yang menjadi Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020) (Warta Kota/Alex Suban)

Airlangga mengatakan, penggunaan VTL merupakan langkah pemerintah untuk mendorong kunjungan turis asing.

Dengan demikian, ada potensi kebangkitan sektor pariwisata usai terhantam pandemi Covid-19.

Selama pandemi, kunjungan turis asing di tiga negara sub-regional Asia Tenggara mengalami penurunan signifikan.

Yakni dari 40 juta kunjungan pada tahun 2019 menjadi 8,2 juta kunjungan di tahun 2020.

Baca: Ancaman Sanksi Pelanggar Karantina, Penjara 1 Tahun dan Denda Rp 100 Juta

Baca: Kasus Kabur dari Karantina Naik ke Penyidikan, Rachel Vennya Akan Diperiksa Hari Ini

Imbasnya, pendapatan negara dari sektor pariwisata terimbas turun drastis dari 29,7 miliar dollar AS tahun 2019 menjadi 6,2 miliar dollar AS pada 2020.

"Sehingga, sedang ada pembicaraan di luar IMT-GT dan BIMP-EAGA dengan Singapura terkait dengan VTL. Ini tentu jadi suatu standar baru yang dianggap bisa mendorong pemulihan di sektor pariwisata," beber dia.

Penggunaan VTL bakal berkaca dari Thailand, yang sudah menerapkan aturan tersebut sejak Juli 2021.

Perdana Menteri Thailand menjelaskan soal regulatory sandbox yang tengah diimplementasikan di negaranya.

Turis-turis asing yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19 tidak wajib menjalani masa karantina ketika berkunjung ke Phuket.

"Itu jadi pembelajaran bagi Indonesia. Di situ terlihat bahwa jumlah turis maupun devisa yang dihasilkan untuk masyarakat di sekitar itu meningkat. Tentu kita bisa belajar dari apa yang dilakukan Malaysia dan Thailand, kita sudah mulai membuka di Kepri maupun di Bali," pungkas Airlangga.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved