Pemerintah Segera Berlakukan Tes PCR untuk Seluruh Moda Transportasi

Kebijakan tersebut demi mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 akibat libur natal dan tahun baru.


zoom-inlihat foto
Petugas-medis-melakukan-tes-swab-PCR.jpg
Tribunnews/Herudin
Petugas medis melakukan tes swab PCR kepada warga di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (23/7/2021). Pemerintah berencana melakukan peningkatan testing dan pelacakan atau tracing secara masif dalam waktu dekat. Upaya tes dan tracing tersebut rencananya akan dilakukan di kawasan padat penduduk di sejumlah wilayah. Tribunnews/Herudin


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, kebijakan wajib tes PCR bakal diterapkan sebagai syarat perjalanan pada moda transportasi lainnya.

Rencananya, penerapan tersebut bakal dilakukan secara bertahap.

Kebijakan tersebut demi mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 akibat libur natal dan tahun baru.

"Secara bertahap penggunaan tes PCR akan juga diterapkan pada transportasi lainnya selama dalam mengantisipasi periode Nataru," kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/10/2021).

Luhut Binsar Panjaitan memberikan keterangan sebelum meninggalkan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu
Luhut Binsar Panjaitan memberikan keterangan sebelum meninggalkan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Diketahui, kebijakan wajib tes PCR sebelumnya hanya diberlakukan bagi calon penumpang pesawat di wilayah PPKM Level 3-4.

Baca: Tes PCR Hanya Wajib untuk Penumpang Pesawat, Ini Jawaban Satgas Covid-19

Baca: Aturan Baru PPKM : Naik Pesawat Wajib Tes PCR, Supir Truk Harus Antigen

Luhut mengatakan, berkaca dari pengalaman tahun lalu, meskipun syarat tes PCR diberlakukan untuk moda transportasi udara, mobilitas masyarakat tetap tinggi.

"Dan saat ini sudah sama dengan Nataru tahun lalu, dan akan terus meningkat sampai akhir tahun ini, sehingga meningkatkan risiko kenaikan kasus," ujarnya.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved