Diduga Rasis ke Jokowi dan Ganjar Pranowo, Natalius Pigai Dilaporkan ke Polisi

Mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Natalius Pigai dilaporkan ke polisi atas dugaan rasisme.


zoom-inlihat foto
mantan-komisioner-komnas-ham-natalius-pigai.jpg
KOMPAS.com/Kristian Erdianto
Natalius Pigai


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Natalius Pigai dilaporkan ke polisi.

Pigai dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Kelompok Barisan Relawan Nusantara (BaraNusa) pada Senin (4/10/2021).

Natalius Pigai dilaporkan ke polisi atas cuitannya di media sosial yang bertendensi rasisme yang menyinggung Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ketua Umum BaraNusa Adi Kurniawan mengonfirmasi pelaporan tersebut.

"Kami baru selesai melaporkan mantan Komisioner Komnas HAM saudara Natalius Pigai, tadi kami sudah ke SPKT (sentra pelayanan kepolisian terpadu)," kata Adi, seperti dikutip dari Kompas.com.

Akan tetapi, Baranusa kemudian diminta koordinasi dengan Mabes Polri terkait laporan itu.

"Pihak Polda sendiri bukan menyarankan, tetapi meminta agar laporan menjadi kuat, supaya koordinasi dengan Mabes Polri," kata Adi.

BaraNusa sendiri juga membawa bukti hasil tangkap layar media sosial ihwal cuitan Pigai yang diduga bertendensi rasisme itu.

"Ini yang kami laporkan, soal tweet Natalius Pigai yang mengatakan bahwa jangan percaya orang Jawa tengah, Jokowi dan Ganjar. Mereka merampok tanah Papua, membunuh orang Papua, dan ada bahasa-bahasa rasis jugalah," kata Adi.

Baca: Sufmi Dasco Pertemukan Abu Janda dan Natalius Pigai, KNPI Tetap Tidak Cabut Laporan

Baca: Natalius Pigai Sebut Tak Pernah Benci Orang yang Bertindak Rasis Padanya

Sementara itu, pengacara Baranusa, Muhammad Zainul Arifin menjelaskan mengapa upaya pelaporan tersebut kemudian diarahkan oleh penyidik untuk dibuat ke Mabes Polri.

"Polda tidak menolak, tetapi ini diproses. Tetapi penting menurut kami, ini penting untuk diperkuat di Mabes Polri," ujar Zainul.

Zainul mengatakan, laporan diarahkan ke Mabes Polri karena cuitan Pigai merupakan isu nasional.

"Kedua ini ada kaitan dengan PON. Ketiga, ada Jawa Tengah di situ. Kemudian keempat ada Jokowi dan Ganjar," kata Zainul.

Sebelumnya, pada 1 Oktober 2021, Natalius Pigai mengunggah video kunjungan Ganjar Pranowo ke Papua.

Pigai juga membubuhkan tulisan agar tidak mempercayai Ganjar dan Jokowi sambil menyinggung soal perampokan kekayaan dan pembunuhan rakyat Papua.

"Jgn percaya org Jawa Tengah Jokowi & Ganjar. Mrk merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak2 harga diri bangsa Papua dgn kata2 rendahan Rasis, monyet & sampah. Kami bukan rendahan. kita lawan ketidakadilan sampai titik darah penghabisan. Sy Penentang Ketidakadilan)." tulis Pigai dalam akun Twitter-nya, @NataliusPigai2.

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Baca lebih lengkap seputar Natalius Pigai di sini











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved