Pulau Maratua

Pulau Maratua merupakan sebuah pulau yang berbatasan dengan Malaysia dan Filipina dan merupakan pulau terluar Indonesia.


zoom-inlihat foto
pulau-maratua.jpg
travel.tribunnews.com
Pulau Maratua

Pulau Maratua merupakan sebuah pulau yang berbatasan dengan Malaysia dan Filipina dan merupakan pulau terluar Indonesia.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Pulau Maratua adalah pulau yang berbatasan dengan Malaysia dan menjadi pulau terluar Indonesia.

Pulau Maratua terkenal dengan wisata baharinya yang menyuguhkan keindahan pantai, aneka biota laut serta keindahan bawah laut berupa terumbu karang yang menakjubkan.

Pulau Maratu menampakkan berbagai jenis ikan yang khususnya terdapat ikan Baracuda dan juga terdapat Penyu Sisik Hijau.

  • Pesona Alam


Pulau Maratua mempunyai luas sekitar 384,36 km2 dengan lautan seluas 3.735,18 km2 dan dihuni kurang lebih sebanyak 3.600 jiwa dari 900 kepala keluarga. (1)

Pulau Maratua dihuni oleh penduudk asli suku laut (Bajau) dan juga pendatang dari berbagai tempat baik dari Kalimantan Timur maupun daerah lainnya.

Baca: Kabupaten Kepulauan Meranti

Terdapat beberapa resort dan cottage untuk para wisatawan yang berkunjung dan ingin menginap seperti Paradise Resort, Pratasba, Green Nirvana Jalan Bayur, Noah Maratua Resort dan lainnya.

Pulau Maratua memiliki pantai dengan hamparan pasir putih yang lembut dan air laut yang sangat jernih dimana para pengunjung dapat bermain air maupun bersantai sambil menikmati sunset.

Kegiatan Snorkeling di Pulau Maratua juga menjadi salah satu kegiatan favorit karena keindahan bawah lautnya, dengan banyaknya ikan dan terumbu karang. (2)

Pengunjung juga bisa bertemu dengan ikan pari ataupun penyu yang biasanya berenang ke aarah dermaga saat menjelang senja.

Baca: Pulau Bawah

Pulau Maratua juga memiliki beberapa spot diving yang terkenal seperti, Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden dan The Channel Spot.

Selain keindahan lautnya, Pulau Maratua juga mempunyai keindahan tersembunyi seperti Goa Halo Tabung yang berada di tengah hutan Pulau Maratua.

Goa Halo Tabung merupakan goa air berbentuk vertical dengan airnya yang berwarna hijau kebiruan, wisatawan juga dapat berenang ataupun menyelam di dalam goa ini.

Baca: Kepulauan Kei

  • Lokasi


Pulau Maratua berlokasi di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Filipina.

Akses menuju Pulau Maratua dapat ditempuh dengan jalur udara melalui Bandara Tarakan ke Bandara Maratua ataupun dengan jalur laut dari Tanjung Redeb menuju Pulau Maratua dengan speedboat.

Baca: Pulau Derawan

Waktu perjalanan melalui jalur udara kurang lebih selama 1 jam sampai 1,5 jam dan apabila menggunakan jalur laut sekitar kurang lebih 3 jam perjalanan. (TribunnewsWiki.com/Mirta)



Lokasi Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
Google Map https://goo.gl/maps/BGHcni7migVq1SEw5
Akses Jalur Udara dan Jalur Laut
   


Sumber :


1. kaltimprov.go.id
2. www.nativeindonesia.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved