Pasukan Pasopati

Pasukan Pasopati merupakan pasukan bagian dari Tjakrabirawa yang bertugas menculik para perwira tinggi saat peristiwa G30S.


zoom-inlihat foto
Pasukan-Pasopati-2.jpg
HO
Ilustrasi Pasukan Pasopati

Pasukan Pasopati merupakan pasukan bagian dari Tjakrabirawa yang bertugas menculik para perwira tinggi saat peristiwa G30S.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pasukan Pasopati merupakan pasukan bagian dari Tjakrabirawa yang bertugas menculik para perwira tinggi pada peristiwa G30S.

Anggota dari pasukan ini berasal dari pasukan pengawal presiden, Tjakrabirawa, dan Pemuda Rakyat.

Sebelum melancarkan aksinya, Pemuda Rakyat terlebih dahulu dibekali dengan pelatihan militer di Desa Lubang Buaya, pinggiran Jakarta sisi timur.

Komandan dari Pasukan Pasopati adalah Lettu Doel Arief.

Doel Arief adalah orang yang bertanggung jawab terhadap operasi penculikan jenderal-jenderal pimpinan Angkatan Darat (AD) tersebut.

Dalam operasi tersebut pasukan dibagi menjadi 7 kelompok dan masing-masing dipimpin satu orang. (1)

Jenderal Abdul Haris Nasution dan Mayor Jenderal Soeharto berdoa di depan peti jenazah almarhum Jenderal Sutojo Siswomihardjo dan enam rekannya yang gugur dalam Peristiwa 1 Oktober 1965.
Jenderal Abdul Haris Nasution dan Mayor Jenderal Soeharto berdoa di depan peti jenazah almarhum Jenderal Sutojo Siswomihardjo dan enam rekannya yang gugur dalam Peristiwa 1 Oktober 1965. (intisari.grid.id/Ade Sulaeman)

Baca: Pasukan Tjakrabirawa

  • Pembagian Tugas


1. Kelompok satu dipimpin oleh Peltu Mukidjan dengan tugas menculik Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani di Jalan Latuharhary nomor 6, Menteng, Jakarta Pusat.

2. Kelompok dua dipimpin oleh Serma Bungkus dengan tugas menculik Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono di Jalan Prambanan nomor 18, Menteng, Jakarta Pusat.

3. Kelompok tiga dipimpin oleh Serma Satar dengan tugas menculik Mayor Jenderal Siswondo Parman di Jalan Serang nomor 32, Menteng, Jakarta Pusat.

4. Kelompok empat dipimpin oleh Serda Sulaiman dengan tugas menculik Mayor Jenderal Raden Soeprapto di Jalan Besuki nomor 19, Menteng, Jakarta Pusat.

5. Kelompok lima dipimpin oleh Serda Sukardjo dengan tugas menculik Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan di Jalan Hasanuddin nomor 53, Kebayoran, Jakarta Selatan.

6. Kelompok enam dipimpin oleh Pelda Djahurub dengan tugas menculik Jenderal TNI AH Nasution di Jalan Teuku Umar nomor 40, Menteng, Jakarta Pusat.

7. Kelompok tujuh dipimpin oleh Serma Surono dengan tugas menculik Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo di Jalan Sumenep nomor 17, Menteng, Jakarta Pusat.

Dari tujuh kelompok yang bertugas itu hanya kelompok enam yang dipimpin oleh Pelda Djahurub yang gagal menjalankan tugas.

Dan Jenderal TNI AH Nasution berhasil melarikan diri dengan melompat ke tembok belakang rumahnya dan menuju halaman belakang kedutaan besar Irak. (1)

Baca: Pasukan Gurkha

  • Nama-Nama Tokoh Sasaran Penculikan


1. Jenderal TNI AH Nasution

2. Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani

3. Mayor Jenderal Raden Soeprapto

4. Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono

5. Mayor Jenderal Siswondo Parman

6. Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan

7. Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo (2)

(TribunnewsWiki.com/Bangkit N)



Nama Pasukan Pasopati
Anggota pada Peristiwa G30S Dari Tjakrabirawa dan Pemuda Rakyat
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved