Kabupaten Kampar

Kabupaten Kampar adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Riau, Indonesia.


zoom-inlihat foto
Kabupaten-Kampar.jpg
Tribunnews.com
Kabupaten Kampar

Kabupaten Kampar adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Riau, Indonesia.




  • Informasi


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kabupaten Kampar adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Riau, Indonesia.

Di samping julukan sebagai Bumi Sarimadu, kabupaten Kampar yang beribu kota di Bangkinang ini juga dikenal dengan julukan Serambi Mekkah di provinsi Riau.

Lanskap danau buatan dari Puncak Kompe di Desa Koto Masjid, Kampar, Riau
Lanskap danau buatan dari Puncak Kompe di Desa Koto Masjid, Kampar, Riau

Baca: Kabupaten Indragiri Hilir

  • Sejarah


Pada awalnya Kampar termasuk sebuah kawasan yang luas, merupakan sebuah kawasan yang dilalui oleh sebuah sungai besar, yang disebut dengan Sungai Kampar.

Berkaitan dengan Prasasti Kedukan Bukit, beberapa sejarahwan menafsirkan Minanga Tanvar dapat bermaksud dengan pertemuan dua sungai yang diasumsikan pertemuan Sungai Kampar Kanan dan Sungai Kampar Kiri.

Penafsiran ini didukung dengan penemuan Candi Muara Takus di tepian Sungai Kampar Kanan, yang diperkirakan telah ada pada masa Sriwijaya.

Baca: Kabupaten Pelalawan

  • Geografi


Kabupaten Kampar dengan luas lebih kurang 211.289,28 km⊃2; merupakan daerah yang terletak antara 1°00’40” Lintang Utara sampai 0°27’00” Lintang Selatan dan 100°28’30” – 101°14’30” Bujur Timur.

Kabupaten Kampar pada umumnya beriklim tropis, suhu minimum terjadi pada bulan November dan Desember yaitu sebesar 21 °C.

Suhu maksimum terjadi pada Juli dengan temperatur 35 °C. Jumlah hari hujan pada tahun 2009, yang terbanyak adalah di sekitar Bangkinang Seberang dan Kampar Kiri.

Baca: Kabupaten Kepulauan Meranti

  • Pemerintahan


Kabupaten Kampar pada awalnya berada dalam Provinsi Sumatra Tengah, dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 12 tahun 1956 dengan ibu kota Bangkinang.

Kemudian masuk wilayah Provinsi Riau, berdasarkan Undang-undang Darurat Nomor 19 Tahun 1957 dan dikukuhkan oleh Undang-Undang Nomor 61 Tahun 1958.

Kemudian untuk perkembangan Kota Pekanbaru, Pemerintah daerah Kampar menyetujui untuk menyerahkan sebagian dari wilayahnya untuk keperluan perluasan wilayah Kota Pekanbaru, yang kemudian ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 1987.

Baca: Kabupaten Pasaman

  • Wisata


Kabupaten Kampar memiliki kawasan situs purbakala yang diperkirakan telah ada pada masa Sriwijaya yaitu Candi Muara Takus, kawasan ini selain menjadi kawasan cagar budaya juga menjadi tujuan wisata religi bagi umat Buddha.

Selain itu masyarakat Kampar yang beragama Islam, masih melestarikan tradisi mandi balimau bakasai yaitu mandi membersihkan diri di Sungai Kampar terutama dalam menyambut bulan Ramadan.

Kemudian terdapat juga tradisi Ma'awuo ikan yaitu tradisi menangkap ikan secara bersama-sama (ikan larangan) setahun sekali, terutama pada kawasan Danau Bokuok (Kecamatan Tambang) dan Sungai Subayang di Desa Domo (Kecamatan Kampar Kiri Hulu).

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUTRADI PAMUNGKAS)



Informasi
Kabupaten Kabupaten Kampar
Provinsi Riau
Ibu Kota Kota Bangkinang
Luas 11.289,28 km2


Sumber :


1. www.kamparkab.go.id
2. id.wikipedia.org








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved