Jika Hamas Bersedia Damai, Israel Siap Beri Bantuan untuk Bangun Gaza

Israel menyatakan niatnya untuk membantu memperbaiki kondisi hidup di Jalur Gaza melalui pembangunan infrastruktur dan layanan publik.


zoom-inlihat foto
Seorang-demonstran-Palestina-2.jpg
MAHMUD HAMS / AFP
Seorang demonstran Palestina mengibarkan bendera selama protes di perbatasan Gaza-Israel, tepatnya di timur Khan Yunis, 25 Agustus 2021.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Israel menyatakan niatnya untuk membantu memperbaiki kondisi hidup di Jalur Gaza melalui pembangunan infrastruktur dan layanan publik.

Hanya saja, rencana ini bergantung pada kepatuhan Hamas.

Menteri Luar Negeri, Yair Lapid, mengatakan, rencana tersebut adalah upaya untuk mengakhiri kekarasan tiada akhir di Jalur Gaza.

Dikutip dari DW, Lapid ingin membuktikan bahwa strategi kekerasan oleh Hamas bertanggungjawab atas kondisi hidup penuh kemiskinan, kelangkaan, kekerasan dan angka pengangguran yang tinggi adalah sesuatu tanpa harapan.

"Israel tidak berunding dengan organisasi teror yang ingin memusnahkan kami," kata dia, Minggu (12/9/2021).

Lapid bakal mengambil alih jabatan perdana menteri dalam dua tahun ke depan sebagai bagian dari perjanjian rotasi dengan rekan koalisinya, Naftali Bennett.

Pemandangan Kota Gaza, 18 Juni 2021
Pemandangan Kota Gaza, 18 Juni 2021 (MOHAMMED ABED / AFP)

Kebijakan koalisi lintas ideologi yang ditopang delapan partai politik, diyakini berbeda jauh dari haluan bekas Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Rencananya, Israel akan membantu memperbaiki infrastruktur publik di Gaza yang saat ini berada dalam kondisi buruk.

"Sistem kelistrikan harus diperbaiki, saluran gas akan diperluas, instalasi penyulingan air asin akan dibangun, dan perbaikan signifikan terhadap sistem jaminan kesehatan, serta pembangunan ulang perumahan dan infrastruktur transportasi juga akan dikerjakan,” janjinya.

Diplomasi damai oleh Mesir





Halaman
12






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved