PON XX Papua 2020

PON XX Papua merupakan suatu ajang olahraga nasional utama Pekan Olahraga Nasional, yang diselenggarakan di Papua pada Oktober 2021.


zoom-inlihat foto
PON-XX-Papua-2020.jpg
kemlu.go.id
PON XX Papua merupakan suatu ajang olahraga nasional utama Pekan Olahraga Nasional, yang diselenggarakan di Papua pada Oktober 2021.

PON XX Papua merupakan suatu ajang olahraga nasional utama Pekan Olahraga Nasional, yang diselenggarakan di Papua pada Oktober 2021.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pekan Olahraga Nasional XX atau PON Papua merupakan suatu ajang olahraga nasional utama Pekan Olahraga Nasional, yang diselenggarakan di Papua.

Pekan Olahraga Nasional 2020 akan berlangsung pada tanggal 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021.

Lokasi utama penyelenggaraan edisi ini yaitu di Stadion Lukas Enembe, baik untuk upacara pembukaan maupun upacara penutupan.

Pekan Olahraga Nasional (PON) sendiri merupakan pesta olahraga multi-cabang nasional terbesar di Indonesia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

PON XX Papua awalnya dijadwalkan bergulir pada Oktober 2020 lalu.

Namun, sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19, penyelenggaraan PON XX Papua diundur menjadi tahun 2021. (1) (2)

Stadion Lukas Enembe, Papua
Stadion Lukas Enembe yang dulunya dinamai Stadion Papua Bangkit

Baca: Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan

Baca: Stadion Kaharuddin Nasution

  • Lokasi Penyelenggaraan


Papua berhasil mengalahkan Bali dan Aceh untuk menjadi tuan rumah PON XX/2020.

Papua memperoleh suara terbanyak dalam pemungutan suara calon tuan rumah PON 2020, dengan meraih 66 suara pada Rapat Anggota Tahunan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Stadion Lukas Enembe dipilih menjadi lokasi utama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional 2021.

Stadion ini memiliki kapasitas 40.000 tempat duduk, di mana setiap tempat duduk telah memiliki kursi untuk satu orang (single seat).

Menempati kawasan seluas 13,7 hektar, stadion ini menjadi salah satu stadion dengan kapasitas terbesar di Pasifik.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia juga melakukan persiapan pembangunan untuk empat area olahraga, yaitu Arena Aquatic, Istana Olahraga (Istora) Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Arena Cricket, serta lapangan hoki dalam dan luar ruangan di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu.

Fasilitas pendukung juga tersedia di Kampung Harapan, termasuk wisma atlet dan lapangan latihan.

Terdapat empat kabupaten/kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan PON 2021, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika. (1)

Baca: KONI Pusat Resmi Luncurkan Ajang Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021

  • Cabang Olahraga


Sebanyak 56 cabang olahraga akan dipertandingkan di empat daerah, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Hal tersebut ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan KONI Nomor 100 Tahun 2019.

Sebelumnya, KONI Pusat menetapkan sejumlah 47 cabang olahraga yang akan dipertandingkan,namun kemudian dikembalikan menjadi jumlah semula, yakni 56, menyesuaikan kemampuan tuan rumah penyelenggara.

Sebanyak 10 cabang olahraga yang sempat dihapus ialah balap sepeda, bridge, dansa, gateball, golf, petanque, ski air, soft tenis, tenis meja, dan woodball.

Sementara itu, olahraga elektronik atau eSports juga akan dipertandingkan, namun sebagai cabang ekshibisi. (1)

Baca: Dian Sastro Dikritik Setelah Komentari Nagita Slavina Jadi Duta PON XX Papua

Keterangan Logo PON XX Papua 2020
Keterangan Logo PON XX Papua 2020 (kominfo.go.id)

Terdapat dua versi primer logo yang dirilis, yakni horizontal dan vertikal dengan warna mayoritas kuning keemasan dengan tiga lingkaran olimpade dan ukiran khas Papua.

Konsep dasar logo PON XX Papua 2020 adalah Stadion Papua Bangkit yang merupakan simbol kemegahan di bidang olahraga rakyat Papua.

Kemegahan Stadion Papua Bangkit hampir setara dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, bahkan disebut-sebut memiliki kemiripan dengan stadion sepak bola terbesar kedua di dunia, Salt Lake di India.

Stadion Papua Bangkit ini tentunya bertaraf internasional dengan standar FIFA yang dilengkapi lapangan pendamping untuk menggelar latihan.

Bentuk segitiga menjulang melambangkan kontur geografi Papua dimana terdapat beberapa pegunungan dan memiliki banyak sumber kekayaan alam.

Sementara ukiran dalam logo sendiri mewakili keragaman budaya khas Papua.

Tiga lingkaran olimpiade berwarna merah, kuning, dan hijau memiliki simbol Prestasi, Sportivitas dan Solidaritas akan menjadi pemersatu rakyat dalam olahraga serta akan tetap kokoh dan abadi jika didasari prinsip yang berkebangsaan satu, berbahasa satu dan bertanah air satu, INDONESIA.

Bentuk tiga lingkaran ini sekaligus mewakili tiga ring dalam logo KONI sebagai wadah induk olahraga prestasi Indonesia.

Terakhir, logo ini  secara tersirat memiliki bentuk sebuah kalderon olimpiade dengan cawan yang terbentuk dan Stadion Papua Bangkit.

Bentuk ini memiliki simbol energi semangat baru bagi masyarakat Papua, serta menjadi kebanggaan sekaligus tempat pemersatu para juara dalam kompetisi Pekan Olahraga Nasional. (3)

Baca: Arie Kriting Minta Ikon PON XX Papua Dihilangkan, Sebut Satu Perempuan Papua Jadi Duta Sudah Cukup

Maskot PON XX Papua 2020
Maskot PON XX Papua 2020 (istimewa)

  • Maskot


Maskot yang terpilih untuk ajang PON XX Papua 2021 ialah Kangpho dan Drawa yang terinspirasi dari dua hewan khas Papua.

Kangpho merupakan hewan Kangguru Pohon mantel emas atau nama latinnya Dendrolagus Pulcherrimus.

Kangpho dijuluki sebagai hewan bermantel emas, karena pada bagian pipi, leher, dan kakinya dihiasi warna kuning keemasan.

Maskot Kangphao sendiri menggunakan rumbai pada bagian kepala dan pinggang yang merupakan busana kebesaran untuk kaum laki-laki dan perempuan.

Pada ikat pinggang, terdapat ukiran yang merupakan desain khas Papua.

Maskot PON XX Papua lainnya ialah Drawa atau Burung Cendrawasih yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Paradisaea Raggiana, yakni jenis burung pengicau berukuran sedang dengan panjang 34 cm.

Maskot Drawa digambarkan menggunakan mahkota dan rumbai yang di dadanya tersemat medali dengan tali merah putih yang melambangkan kebersamaan memperebutkan medali dalam bingkai NKRI.

Tubuh Drawa diberi warna oranye yang memiliki simbol kehangatan, persahabatan dan cinta kasih.

Warna kuning di kepala Drawa merupakan warna asli cenderawasih yang melambangkan semangat, kehangatan dan kegembiraan.

Kangpho dan Drawa juga mengenakan ikat kepala khas Papua yang berbentuk rumbai dan kerucut, dimana menyerupai gambaran pegunungan tengah Papua yang dikelilingi oleh gunung. (2)

Baca: Taufik Hidayat Bongkar Busuknya Skandal Korupsi Kemenpora, Media Asing Ternama Ambil Perhatian

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Nama Pekan Olahraga Nasional XX Papua
Tuan Rumah Jayapura, Papua
Moto Torang Bisa!
Penyelenggaraan 2 Oktober 2021 - 15 Oktober 2021
Lokasi Utama Stadion Lukas Enembe








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved