Desa Wisata Tenganan

Desa Wisata Tenganan merupakan sebuah destinasi wisata tradisional dan budaya yang ada di Bali.


zoom-inlihat foto
Desa-Wisata-Tenganan.jpg
bali.tribunnews.com
Desa Wisata Tenganan

Desa Wisata Tenganan merupakan sebuah destinasi wisata tradisional dan budaya yang ada di Bali.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Desa Wisata Tenganan adalah desa yang berada di sebuah lembah dan diapit oleh Bukit Barat (Bukit Kauh) dan Bukit Timur (Bukit Kangin).

Desa Tenganan menjadi salah satu tujuan wisata tradisional dan wisata budaya yang unik karena masih mempertahankan adat istiadat dan tradisi dari leluhur.

Desa Tenganan merupakan sebuah desa Bali Aga atau dikenal dengan Bali Kuno, yaitu subsuku yang ada di Pulau Bali dan mengklaim sebagai cikal bakal Bali.

tenganan
Tradisi Mekare-kare (Mageret pandan) atau dikenal dengan perang pandan dimana dua pemuda saling memukul menggunakan daun pandan yang berduri.

  • Kegiatan Wisata


Desa Wisata Tenganan mempunyai lanskap yang unik karena dibuat berundak atau terasering dengan posisi makin ke selatan semakin rendah. (1)

Penduduk desa Tenganan dalam bahasa sehari-harinya masih menggunakan bahasa Bali Madia yang halus dan setiap logatnya diakhiri dengan “a” terutama saat bertemu dengan tamu yang berkunjung.

Baca: Desa Wisata Nglanggeran

Panggilan untuk laki-laki dan perempuan juga terkesan unik, apabila laki-laki, akan dipanggil dengan “Cong”, sedangkan untuk perempuan dipanggil dengan “Nyi”.

Keunikan tradisinya juga menjadi salah satu daya tarik utama bagi pengunjung, seperti tradisi Mekare-kare (Mageret pandan) atau dikenal dengan perang pandan yang digelar setahun sekali.

Tradisi ini sangat unik karena perang pandan dilakukan oleh sepasang pemuda desa yang saling memukul menggunakan daun-daun pandan yang berduri sampai berdarah.

Setelah perang selesai, luka-luka tersebut akan dibati dengan obat-obatan tradisional yang terbuat dari bahan umbi-umbian.

Baca: Desa Wisata Malasari

Terdapat juga berbagai kerajinan yang dibuat oleh penduduk Desa Tenganan, seperti ukir-ukiran, anyaman bambu, lukisan diatas daun lontar dan kain tenun.

Salah satu kain tenun khas yang sangat terkenal bahkan sudah mendunia yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Tenganan adalah kain Gringsing.

Teknik pengerjaan kain Gringsing menggunakan teknik dobel ikat, yang juga diketahui menjadi teknik tenun satu-satunya di Indonesia.

Baca: Desa Wisata Candirejo

  • Lokasi


Desa Wisata Tenganan berlokasi di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, dan masuk dalam peta pariwisata Bali Timur. (2)

Jarak tempuh dari bandara Ngurah Rai Bali menuju Desa Wisata Tenganan sekitar 1.5 jam dengan berkendara.

Desa Wisata Tenganan berjarak sekitar 10km sebelum objek wisata Candidasa, akses jalannya juga dapat dilalui oleh kendaraan bermotor, mobil dan bus pariwisata.

(TribunnewsWiki.com/Mirta)



Alamat Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
Retribusi Gratis
Google Map https://goo.gl/maps/7GFXa6PDj2cDNCaM8
   


Sumber :


1. www.kintamani.id
2. www.balitoursclub.net








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved