Ziad Jarrah

Ziad Samir Jarrah merupakan seorang teroris yang tergabung dalam kelompok Al Qaeda sekaligus salah satu pelaku serangan 11 September.


zoom-inlihat foto
Ziad-Jarrah.jpg
historica.fandom.com
Ziad Samir Jarrah merupakan seorang teroris yang tergabung dalam kelompok Al Qaeda sekaligus salah satu pelaku serangan 11 September.

Ziad Samir Jarrah merupakan seorang teroris yang tergabung dalam kelompok Al Qaeda sekaligus salah satu pelaku serangan 11 September.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ziad Samir Jarrah merupakan seorang teroris yang tergabung dalam kelompok Al Qaeda sekaligus salah satu pelaku serangan 11 September.

Dilahirkan di Beirut, Lebanon pada 11 Mei 1975,  Jarrah adalah pilot pembajak United Airlines Penerbangan 93 yang menabrakkan pesawat ke lapangan di daerah pedesaan dekat Shanksville, Pennsylvania sebagai bagian dari serangan terkoordinasi.

Setelah didikan yang kaya dan sekuler, Jarrah pindah ke Jerman pada tahun 1996.

Ketika berkuliah di Hamburg University of Applied Sciences (HAW) pada akhir 1990-an, Ia terlibat dalam perencanaan serangan 11 September.

Usai bertemu dengan Mohamed Atta, Marwan al-Shehhi dan Ramzi bin al-Shibh, mereka membentuk sel Hamburg.

Pada tahun 1999, Jarrah direkrut oleh Osama bin Laden untuk melancarkan serangan.

Tak seperti para pembajak lainnya, dia memiliki hubungan dekat dengan keluarga dan pacarnya.

Ziad Jarrah di Afghanistan pada Januari 2000
Ziad Jarrah di Afghanistan pada Januari 2000 (historica.fandom.com)

Bahkan, ia dilaporkan satu-satunya pembajak yang memiliki kekhawatiran yang signifikan tentang melakukan serangan.

Jarrah tiba di Amerika Serikat pada Juni 2000 dan berlatih di Huffman Aviation bersama Atta dan Al-Shehhi dengan instruktur penerbangan mereka Rudi Dekkers.

Pada tanggal 7 September 2001, Jarrah terbang dari Fort Lauderdale ke Newark, lalu empat hari setelahnya, ia naik United Airlines Penerbangan 93.

Ia diyakini telah mengambil alih kendali pesawat bersama dengan tim pembajaknya, termasuk Saeed al-Ghamdi, Ahmed al-Nami dan Ahmed al-Haznawi.

Mereka bersama-sama melakukan upaya untuk menabrakkan pesawat ke US Capitol atau Gedung Putih, namun gagal lantaran penumpang mulai memberontak melawan para pembajak. (1)

Baca: Usamah bin Ladin (Osama bin Laden)

Baca: Gedung Capitol (Parlemen Amerika Serikat)


Pada 27 Juni 2000, Ziad Jarrah tiba di Bandara Internasional Newark di New Jersey, Amerika Serikat lalu melakukan perjalanan ke Florida.

Jarrah mendaftar di Pusat Pelatihan Penerbangan Florida di Venesia, namun dia melanggar status imigrasinya dengan tidak mengubah visanya dari turis menjadi pelajar.

Pada Juni 2000 sampai 15 Januari 2001, ia terdaftar di sekolah penerbangan, dan banyak teman sekelasnya mengingatnya dengan penuh kasih, karena ia baik hati, dapat dipercaya, dan terkadang suka minum.

Jarrah tinggal bersama seorang mahasiswa Jerman bernama Thorsteinn Biermann, yang tidak curiga padanya.

Jarrah juga hampir setiap hari menelepon atau mengirim email kepada pacarnya di Jerman, bahkan terkadang ia terbang untuk mengunjungi pacarnya itu.

Pada Agustus 2000, ia menerima lisensi untuk menerbangkan pesawat kecil, dan pada Januari 2001 ia terbang ke Sanaa untuk mengunjungi ayahnya yang sakit.

Berbeda dengan pembajak lainnya, ia terus memiliki hubungan keluarga dan hubungan romantis sampai misi bunuh dirinya. (2)

Baca: Mohamed Atta

Baca: Ramzi bin al-Shibh

  • Misi Bunuh Diri


Pada tanggal 11 September 2001 pagi hari, Ziad Jarrah, Saeed al-Ghamdi, Ahmed al-Nami, dan Ahmed al-Haznawi menaiki United Airlines Penerbangan 93 di Bandara Internasional Newark.

Pesawat lepas landas pada pukul 08:41, menuju San Bandara Internasional Fransisco.

Pada 09:28, empat pembajak membunuh pilot dan mengambil alih pesawat, dimana al-Haznawi mengklaim bahwa ia memiliki bom.

Jarrah memberi tahu orang-orang di pesawat bahwa ada bom di dalamnya, dan dia menyuruh para penumpang untuk duduk dan tetap diam.

Namun, penumpang mendengar informasi bahwa terdapat juga pembajakan lain dan mereka memutuskan untuk bangkit melawan pembajak ketika salah satu penumpang mengatakan bahwa mereka dapat menerbangkan pesawat jika diambil alih.

Sekitar pukul 10.00, para penumpang bangkit, menggunakan alat pemadam api untuk membunuh al-Haznawi dan mencekik al-Nami hingga tewas.

Namun, mereka tidak bisa masuk ke kabin, dan Jarrah berteriak "Allahu akbar" beberapa kali sebelum akhirnya menabrakkan pesawat ke lapangan dekat Shanksville, Pennsylvania pada pukul 10:03.

Semua penumpah berjumlah 44 orang di dalam pesawat tewas dalam kecelakaan tersebut. (2)

Baca: Marwan al-Shehhi

Baca: National September 11 Memorial & Museum

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Nama Ziad Jarrah
Kelahiran Beirut, Lebanon, 11 Mei 1975
Wafat Somerset County, Pennsylvania, 11 September 2001
Pendidikan University of Greifswald Hamburg, University of Applied Sciences
   


Sumber :


1. en.wikipedia.org
2. historica.fandom.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved