Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku merupakan wisata alam berupa gua dan terdapat kolam alami yang sangat jernih dan airnya yang kebiru-biruan.


zoom-inlihat foto
Gua-Haji-Mangku.jpg
superadventure.co.id
Gua Haji Mangku, Kalimantan Timur

Gua Haji Mangku merupakan wisata alam berupa gua dan terdapat kolam alami yang sangat jernih dan airnya yang kebiru-biruan.




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Gua Haji Mangku adalah sebuah destinasi wisata alam berupa gua yang terletak sekitar puluhan meter dari bibir pantai utara Pulau Maratua, Kalimantan Timur.

Gua Haji Mangku ditemukan oleh seseorang yang bernama Haji Mangku,maka gua ini diberi nama sesuai dengan penemunya.

Gua Haji Mangku merupakan gua yang paling mudah diakses dari beberapa macam tipikal gua sejenis yang terdapat di Maratua.

  • Pesona Alam #


Salah satu daya tarik utama dari Gua Haji Mangku adalah keindahan kolamnya dengan air yang jernih dan berwarna biru tua dengan biru toska. (1)

Kolam alami ini tepat berada di bibir gua, dengan airnya yang jernih dan kebiru-biruan membuat pemandangan kolam dan gua menjadi perpaduan yang eksotis dan cantik.

Baca: Gua Belanda Bandung

Berenang di kolam alami di gua ini terasa seperti berada di kolam pribadi, karena belum banyak pengunjung atau wisatawan yang mengetahui tentang Gua Haji Mangku ini.

Untuk memasuki Gua Haji Mangku, pengunjung dapat langsung melompat ke kolam dari atas gua atau masuk melalui mulut gua yang sudah tertutup air setengahnya.

Lokasi gua ini berada di tengah-tengah hutan yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun.

Untuk menuju Gua Haji Mangku, harus trekking ringan melewati hutan kecil, dengan jalurnya yang berkarang tajam.

Baca: Pantai Gua Manik

Sesampainya di lokasi setelah kurang lebih 10 menit berjalan melewati pepohonan rindang, dapat terlihat kolam alami memanjang dengan air jernih.

  • Lokasi #


Gua Haji Mangku berlokasi di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur atau berada sekitar sepuluh meter dari bibir pantai utara Pulau Maratua.(2)

Akses menuju Gua Haji Mangku yang paling dekat adalah melalui Pulau Maratua, setelah itu menuju ke desa Payung-payung dan dilanjutkan dengan trekking melewati hutan selama beberapa jam.

Baca: Wisata Alam Condong Pelangi

Akses jalan lainnya yaitu melewati laut, dengan menyewa speedboat atau perahu nelayan lokal untuk menuju ke lokasi gua, setelah tiba di pinggiran gua dilanjutkan dengan trekking selama 10 menit.

(TribunnewsWiki.com/Mirta)



Alamat Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
Retribusi Gratis
Google Map https://goo.gl/maps/ZjTgrahd7hHwK6z88
   




KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved