Pulau Salah Nama

Pulau Salah Nama merupakan sebuah pulau yang menjadi salah satu ikon destinasi wisata di Sumatera Utara.


zoom-inlihat foto
Pulau-Salah-Nama.jpg
medan.tribunnews.com
Pulau Salah Nama, Sumatera Utara

Pulau Salah Nama merupakan sebuah pulau yang menjadi salah satu ikon destinasi wisata di Sumatera Utara.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Pulau Salah Nama adalah sebuah destinasi wisata yang menjadi salah satu ikon wisata di Sumatera Utara.

Pulau ini memiliki pantai dengan pasir yang putih dan air laut yang sangat jernih dan pemandangan alam bawah laut yg sangat mempesona.

Di Pulau Salah Nama sudah terdapat fasilitas yang lengkap, seperti penginapan dengan pelayanan yang ramah, area yang bersih dan makanan yang lezat.

  • Pesona Alam


Pulau Salah Nama atau lebih akrab disebut Salah Namo ini awalnya diberi nama organ seksual perempuan karena bentuk pulaunya. (1)

Masyarakat menyadari nama tersebut tidak nyaman disebutkan, sehingga ketika ditanya wisatawan, mereka menuturkan ‘Salah Namo’ dan mengganti pulau itu dengan nama Pulau Salah Nama.

Baca: Pulau Rufas

Keunikan pulau Salah Nama adalah banyaknya bebatuan berwarna merah yang mengelilingi kawasan pulau tersebut.

Jika bermain pinggiran pantainya, pengunjung dapat melihat ikan-ikan kecil yang mempesona dengan mata telanjang karena airnya yang sangat jernih.

Berbekal peralatan snorkeling, pengunjung juga bisa menyelami air laut yang jernih, sambil melihat alam bawah laut dengan banyak ikan dan terumbu karang cantik.

Di Pulau Salah Nama, pengunjung dapat menuju ke puncak bukit, dimana dari ketinggian dapat terlihat pemandangan yang luar biasa indah dari bentuk keseluruhan pulau ini.

Baca: Kepulauan Kei

Terdapat juga jalan setapak, yang dibuat untuk para pengunjung yang ingin berkeliling menikmati setiap sudut Pulau Salah Nama. (2)

Terdapat banyak pepohonan rindang yang sekaligus dapat menjadi tempat berteduh bagi para pengunjung dari teriknya matahari.

Tersedia juga pondok-pondok untuk pengunjung bersantap atau melepas lelah sembari menikmati keindahan lautan.

  • Lokasi


Pulau ini berada di Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Baca: Pulau Nain

Mengunjungi Pulau Salah Nama, dapat menaiki perahu bermotor dari dermaga Tanjung Tiram, dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam.

Dari Kota Medan menuju ke Kabupaten Batu Bara atau dermaga Tanjung Tiram dapat menggunakan bus dengan waktu tempuh lima jam perjalanan.  

Biaya yang dibutuhkan untuk menaiki kapal dari dermaga Tanjung Tiram menuju Pulau Salah Nama sekitar 50 ribu rupiah sampai 100 ribu rupiah.

(TribunnewsWiki.com/Mirta)



Alamat Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara
Retribusi Rp 50.000 hingga Rp 100.000
Google Maps https://goo.gl/maps/5pc9P9MJ8i1ofbBw5
   


Sumber :


1. www.batubarakab.go.id
2. medan.tribunnews.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved