Presiden Korut Kim Jong Un Beri Ucapan Selamat HUT ke-76 Indonesia

Presiden Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, memberikan ucapan selamat hari kemerdekaan ke Indonesia, Selasa (17/8/2021).


zoom-inlihat foto
pembelot-korea-utara-05.jpg
STR / KCNA VIA KNS / AFP
Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un - Gambar ini diambil pada 8 Februari 2021 dan dirilis dari Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada 9 Februari 2021.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Presiden Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, memberikan ucapan Selamat Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021).

Ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-76 RI itu diberikan Kim Jong Un kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui pernyataan Kementerian Luar Negeri Korea Utara.

"Saya mengucapkan selamat kepada Anda (Jokowi) dan kepada orang-orang di negara Anda pada peringatan 76 tahun kemerdekaan Indonesia," kata Kim Jong Un.

Selain mengucapkan selamat, Kim Jong Un juga memberi pesan hubungan persahabatan antara Korea Utara dan Indonesia.

Orang nomor satu di Korea utara itu yakin bahwa kerja sama Korut dengan RI bakal semakin kuat.

"Saya mengambil kesempatan ini untuk menyatakan keyakinan saya bahwa hubungan persahabatan dan kerja sama antara Republik Demokratik Rakyat Korea dan Republik Indonesia akan semakin kuat dan berkembang sesuai dengan aspirasi dan keinginan rakyat kedua negara," ujar Kim Jong Un.

Kim Jong Un juga mendoakan Jokowi agar dapat terus sukses dalam setiap pekerjaan pembangunan nasional.

"Dan berharap Anda sukses besar dalam pekerjaan Anda untuk pembangunan nasional," pungkasnya, dikutip TribunnewsWiki dari Kompas.com, Rabu (18/8/2021).

Foto Kim Jong Un tersenyum ini dipotret pada (7/6/2020) dan dirilis oleh media ofisial Korea Utara Korean Central News Agency (KCNA) pada (8/6/2020). Dalam foto Kim Jong Un sedang menghadiri dan memimpin pertemuan atau rapat Politbiro ke-13 Partai Buruh di lokasi yang tidak disebutkan di Korea Utara.
Foto Kim Jong Un tersenyum ini dipotret pada (7/6/2020) dan dirilis oleh media ofisial Korea Utara Korean Central News Agency (KCNA) pada (8/6/2020). Dalam foto Kim Jong Un sedang menghadiri dan memimpin pertemuan atau rapat Politbiro ke-13 Partai Buruh di lokasi yang tidak disebutkan di Korea Utara. (AFP PHOTO/KCNA VIA KNS)

Baca: Kim Jong Un

Baca: Upacara Kemerdekaan RI: Jokowi Kenakan Pakaian Adat Pepadun dari Lampung, Wapres Pakai Adat Sunda

Ucapan selamat hari kemerdekaan RI yang disampaikan oleh Kim Jong Un ini bukanlah yang pertama kali.

Tahun lalu, pada 17 Agustus 2020, Kim Jong Un juga mengirimkan pesan ucapan selamat merayakan hari kemerdekaan kepada Presiden Jokowi.

Melalui pernyataan Kementerian Luar Negeri Korut, Kim mengungkapkan ucapan selamat atas HUT ke-75 Indonesia kepada Jokowi dan rakyat Indonesia.

Selain itu, Kim juga memuji kemajuan Indonesia dalam mengembangkan perekonomian dan kebudayaan nasional.

Berikut bunyi ucapan selamat tersebut dari Kim Jong Un, seperti dikutip dari Tribunnews:

"Atas nama pemerintah dan rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea, saya menyampaikan ucapan selamat dan pesan hangat kepada Anda dan kepada pemerintah serta rakyat Indonesia pada kesempatan peringatan 75 tahun kemerdekaan.

Setelah kemerdekaan, negara Anda telah membuat kemajuan besar dalam mengembangkan ekonomi dan budaya nasional serta membangun masyarakat yang sejahtera di bawah panji kedaulatan, kemerdekaan, dan non-blok yang ditinggikan.

Kesempatan ini saya gunakan untuk mengutarakan keyakinan saya bahwa tradisi berharga tentang persahabatan dan kerjasama yang sangat baik antara kedua negara akan terus terkonsolidasi dan berkembang sesuai dengan tuntutan era baru."

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Baca lebih lengkap seputar Kim Jong Un di sini











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Yan Bastian

    Yan Bastian merupakan pria berusia 62 tahun yang
  • Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2021

    Puasa sunnah Ayyamul Bidh dapat dilaksanakan pada tanggal
Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved