Taman Banjarsari (Monumen Banjarsari)

Taman Banjarsari yang bisa disebut juga Monumen Banjarsari merupakan sebuah taman yang dibangun untuk memperingati peristiwa bersejarah di kota Surakarta, yakni serangan umum Surakarta.


zoom-inlihat foto
Taman-Banjarsari-Monumen-Banjarsari-Surakarta.jpg
TribunVideo
Taman Banjarsari yang bisa disebut juga Monumen Banjarsari merupakan sebuah taman yang dibangun untuk memperingati peristiwa bersejarah di kota Surakarta, yakni serangan umum Surakarta.

Taman Banjarsari yang bisa disebut juga Monumen Banjarsari merupakan sebuah taman yang dibangun untuk memperingati peristiwa bersejarah di kota Surakarta, yakni serangan umum Surakarta.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Taman Banjarsari yang bisa disebut juga Monumen Banjarsari merupakan sebuah taman yang dibangun untuk memperingati peristiwa bersejarah di kota Surakarta, yakni serangan umum Surakarta.

Terletak di Kota Surakarta yang tak jauh dari Pasar Legi, Monumen Banjarsari didirikan oleh pemerintah kota Surakarta untuk mengenang perjuangan rakyat Surakarta pada peristiwa serangan umum empat hari di Solo.

Serangan ini diprakarsai oleh Letkol Slamet Riyadi dan rekannya Mayor Achmadi yang kemudian diangkat menjadi pahlawan nasional.

Pada arah barat taman ini sangat dekat dengan stasiun Balapan, sedangkan ke arah selatan dekat dengan kawasan Mangkunegaran serta ke arah utara menuju terminal Tirtonadi.

Proses pembangunan taman ini memakan waktu selama kurang lebih tiga tahun yang dimulai pada 31 Oktober 1973.

Taman ini akhirnya diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Soepardjo Roestam, pada tanggal 10 November 1976, yang bertepatan dengan Hari Pahlawan. (1)

Suasana Pasprama SMA N 1 Solo berlatih pramuka di halaman Monumen 45 Banjarsari Solo, Minggu (10/4/2016) pagi.
Suasana Pasprama SMA N 1 Solo berlatih pramuka di halaman Monumen 45 Banjarsari Solo, Minggu (10/4/2016) pagi. (TRIBUNSOLO.COM/CHRYSNHA PRADIPHA)

Baca: Monumen Mayor Achmadi

Baca: Monumen Kresek Madiun

  • Bangunan


Monumen Banjarsari memiliki bentuk atap berupa rumah joglo dengan ketinggian 17 meter, yang melambangkan tanggal kemerdekaan indonesia.

Pada sisi selatan monumen, terdapat tiga patung berupa prajurit, pemuda pejuang dan wanita yang membawa bakul (tempat nasi) dan obat-obatan.

Di atasnya terdapat simbol garuda pancasila, dan pada sisi tembok monumen terdapat relief-relief yang menggambarkan kisah perjuangan masyarakat kota Surakarta selama perang kemerdekaan hingga orde baru. (1)

Baca: Monumen Mandala Makassar

Baca: Monumen Perjuangan Taruna (Monumen Plataran)

  • Fasilitas


Beberapa fasilitas yang tersedia di Taman Banjarsari ini dan dapat dinikmati para pengunjung, yaitu sebagai berikut.

Wifi Gratis

Pengunjung dapat menikmati fasilitas ini tanpa perlu registrasi karena jaringannya yang tidak memiliki kata kunci, sehingga memudahkan pengunjung menggunakannya.

Taman Bermain Tematik

Dilengkap dengan berbagai macam wahana untuk anak-anak, membuat taman ini menarik perhatian tak hanya untuk kalangan dewasa, namun juga bagi anak-anak.

Permainan yang disediakan sendiri sengaja dirancang bukan untuk permainan individu, seperti menaiki tangga, papan seluncur, hingga permainan memasukkan bola ke gawang.

Hal ini dirancang agar anak-anak dapat bermain secara kelompok sehingga mereka dapat berinteraksi dengan kawan sebayanya.

Anak-anak menggunakan wahana bermain yang ada di Taman Monjari, Solo, Jumat, (14/7/2017).
Anak-anak menggunakan wahana bermain yang ada di Taman Monjari, Solo, Jumat, (14/7/2017). (TRIBUN JATENG/AKBAR HARI MUKTI)

Area Bebas Pedagang

Hal yang sangat wajar bahkan selalu ditemukan di kebanyakan taman-taman di Indonesia ialah pedagang kaki lima yang sering membuka lapak di area taman.

Namun, berbeda dengan keadaan di Monumen Banjarsari ini yang secara keseluruhan bebas dari pedagang.

Apalagi dengan tak adanya keberadaan pedagang, membuat area ini bebas dari sampah yang bercecer, sehingga pengunjung semakin leluasa menikmati area taman.

Kendati demikian, pengunjung masih bisa menemui pedangang di luar kawasan taman, apalagi terdapat pasar yang tak jauh dari lokasi monumen.

Sehingga para pengunjung masih dapat membeli makanan atau camilan apabila dilanda lapar atau rasa lelah.

Relief Perjuangan

Tentu saja hal paling utama dari Monumen Banjarsari ini ialah sejarahnya, yakni peristiwa serangan empat hari di Surakarta.

Monumen tersebut menceritakan secara rinci melalui relief yang terukir di sekeliling monumen dan dapat dinikmati oleh siapa pun.

Dengan berkunjung ke Monumen Banjarsari, diharapkan pengunjung dapat belajar sembari berwisata hemat tanpa biaya. (2)

Baca: Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Baca: Monumen Suryo Ngawi

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Nama Taman Banjarsari/ Monumen Banjarsari
Peresmian 10 November 1976
Diresmikan Soepardjo Roestam (Gubernur Jawa Tengah)
Sejarah Peristiwa Serangan Empat Hari di Surakarta
Alamat Jl. Monumen,Kelurahan Setabelan,Kecamatan Banjarsari


Sumber :


1. id.wikipedia.org
2. solo.tribunnews.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved