Alasan Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 hingga 16 Agustus 2021

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4, 3, dan 2.


zoom-inlihat foto
Luhut-Binsar-Panjaitan-menko-marves.jpg
Tribunnews/Irwan Rismawan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, 3, dan 2 di Pulau Jawa dan Bali.

PPKM diperpanjang dari 10 Agustus hingga 16 Agustus 2021.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden Senin, (9/8/2021), malam.

"Atas arahan Presiden RI, maka PPKM level 4, 3 dan 2 di Jawa-Bali akan diperpanjang sampai 16 Agustus 2021. Terkait keputusan ini akan dituangkan di dalam instruksi Mendagri (inmendagri) secara lebih detail," kata Luhut, dikutip Tribunnewswiki.com

Baca: PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 16 Agustus, Luhut Binsar: Ini Pekerjaan yang Tak Mudah

Baca: Ini Alasan Jokowi Perpanjang PPKM Level 4 hingga 9 Agustus 2021

Petugas gabungan Polisi, TNI, Dishub, dan Satpol PP melakukan penyekatan sebelum underpass Jalan Jenderal Basuki Rachmat atau yang dikenal dengan Underpass Basura, Jakarta Timur, Kamis (15/7/2021). Polisi menambah titik penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat termasuk sebelum Underpass Basura untuk mengurangi mobilitas warga.
Petugas gabungan Polisi, TNI, Dishub, dan Satpol PP melakukan penyekatan sebelum underpass Jalan Jenderal Basuki Rachmat atau yang dikenal dengan Underpass Basura, Jakarta Timur, Kamis (15/7/2021). (Tribunnews/Herudin)

Luhut menilai bahwa perpanjangan ini dilakukan setelah melihat hasil positif dari penerapan PPKM sebelumnya.

Dia menjelaskan bahwa tren kasus infeksi Covid-19 di Jawa-Bali mengalami penurunan 59,6 persen dari puncak kasus pada 15 Juli 2021.

Bahkan, jumlah keterisian tempat tidur (BOR) di rumah sakit rujukan Covid-19 dan kematian akibat Covid-19 di Jawa-Bali juga menurun.

"Penerapan perpanjangan PPKM level 4, 3, dan 2 yang diterapkan sejak tanggal 2-9 Agustus di Jawa-Bali menunjukkan hasil cukup menggembirakan. Dari data yang didapat, penurunan terjadi hingga 59,6 persen dari puncak kasus di 15 Juli 2021 yang lalu," paparnya.

Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dan juga mendengarkan masukan dari berbagai pihak terkait perpanjangan kebijakan PPKM.

Sementara itu, Luhut menyebut pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan secara bertahap di wilayah PPKM level 4.

Tentunya, uji coba ini dilakukan dengan implementasi protokol kesehatan ketat.

"Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan secara gradual (bertahap) untuk mal, pusat perbelanjaan di wilayah dengan level 4 dengan memperhatikan implementasi prokes."

"Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal akan dilakukan di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang," kata dia.

Luhut menambahkan bahwa mal di empat wilayah tersebut dibuka dengan kapasitas 25 persen selama sepekan ke depan.

Dia menjelaskan bahwa syarat untuk bisa masuk ke mal tersebut adalah hanya pengunjung yang sudah divaksinasi dan harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Sementara anak usia di bawah 12 tahun dan lebih dari 70 tahun akan dilarang untuk masuk ke dalam mal atau pusat perbelanjaan.

Selain itu, penyesuaian aturan penerapan PPKM level 4 juga dilakukan untuk tempat ibadah.

Luhut mengatakan mulai 10 Agustus 2021, kabupaten/kota di wilayah level 4 dapat melakukan ibadah dengan kapasitas maksimum 25 persen atau maksimal 20 orang.

Pada aturan sebelumnya, wilayah dengan kategori PPKM level 4 dilarang menggelar ibadah berjamaah.

"Mulai 10 agustus kabupaten/kota di wilayah level 4 dapat melakukan ibadah dengan kapasitas maksimum 25 persen atau maksimal 20 orang," kata Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Baca lebih lengkap seputar PPKM Level 4 di sini.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved