Jong Sumatranen Bond

Jong Sumatranen Bond atau yang memiliki arti Perkumpulan Pemuda Sumatra merupakan sebuah perkumpulan yang didirikan pada tanggal 9 Desember 1917 di Jakarta.


zoom-inlihat foto
Para-pendiri-Jong-Sumatranen-Bond-Perkumpulan-Pemuda-Sumatra.jpg
Wikipedia
Jong Sumatranen Bond atau yang memiliki arti Perkumpulan Pemuda Sumatra merupakan sebuah perkumpulan yang didirikan pada tanggal 9 Desember 1917 di Jakarta.

Jong Sumatranen Bond atau yang memiliki arti Perkumpulan Pemuda Sumatra merupakan sebuah perkumpulan yang didirikan pada tanggal 9 Desember 1917 di Jakarta.




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Jong Sumatranen Bond atau yang memiliki arti Perkumpulan Pemuda Sumatra merupakan sebuah perkumpulan yang didirikan pada tanggal 9 Desember 1917 di Jakarta.

Tujuan perkumpulan ini dibentuk sebagai wadah dalam mempererat hubungan antar murid-murid asal Sumatra, mendidik pemuda Sumatra untuk menjadi pemimpin bangsa, serta mempelajari dan mengembangkan budaya Sumatra.

Jong Sumatranen Bond terbagi menjadi enam cabang, dimana empat cabang di Jawa dan dua lainnya di Sumatra, yakni di Padang dan Bukittinggi.

Beberapa tahun setelahnya, para pemuda Batak mengeluarkan diri dari keanggotaan, lantaran kepengurusannya didominasi oleh pemuda Minangkabau.

Kemudian, para pemuda Batak ini membentuk perkumpulannya sendiri yang diberi nama Jong Batak. (1)

Baca: Jong Java (Tri Koro Dharmo)

Baca: Partai Indonesia Raya (Parindra)

Panji Jong Sumatranen Bond
Panji Jong Sumatranen Bond (Wikipedia)

  • Awal Pendirian #


Pada mulanya, banyak orang yang meragukan pembentukan Jong Sumatranen Bond, salah satu di antaranya yakni Said Ali, seorang redaktur surat kabar Tjaja Sumatra.

Said Ali mengatakan bahwa Sumatra belum cukup matang dalam mengelola sebuah politik dan umum.

Tanpa menghiraukan pendapat-pendapat negatif tersebut, para pemuda Sumatra tetap mendirikan perkumpulannya sendiri.

Tak hanya itu, kaum tua di Minangkabau juga menentang pergerakan yang dimotori oleh kaum muda ini, karena dinilai gerakan modern Jong Sumatranen Bond merupakan ancaman bagi adat Minang. (1)

Walaupun mendapat pertentangan dari beberapa pihak, JSB ternyata diterima oleh para pemuda Sumatera yang ada di kota-kota lain.

Dari yang awalnya beranggotakan 150 orang, setelah satu tahun organisasi ini berdiri, jumlah anggota yang tergabung meningkat menjadi 500 orang.

Tak hanya di di Jakarta, Jong Sumatranen Bond juga membuka cabang di Padang dan Bukittinggi. (2)

Baca: STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen)

Baca: Suishintai (Barisan Pelopor)

  • Surat Kabar #


Penerbitan surat kabar Jong Sumatra pertama kali diwujudkan pada bulan Januari 1918 dengan jargon Organ van Den Jong Sumatranen Bond.

Dalam surat kabar ini, bahasa Belanda menjadi bahasa mayoritas yang digunakan, meskipun terdapat juga artikel yang menggunakan bahasa Melayu.

Dalam hal ini, dewan redaksi Jong Sumatra turut menjadi pengurus JSB, yaitu Tengkoe Mansur (ketua), A. Munir Nasution (wakil ketua), Moh. Anas (sekretaris I), Amir (sekretaris II), dan Marzoeki (bendahara).

Muhammad Yamin, salah satu tokoh pemuda Perumus Pancasila
Muhammad Yamin, salah satu tokoh pemuda Perumus Pancasila (Istimewa/DOKUMENTASI HARIAN KOMPAS)

Sementara itu, banyak tokoh-tokoh dari Sumatra yang berperan penting terhadap kemajuan bangsa, di antaranya yang mengawali karier organisasinya melalui JSB, ialah Mohammad Hatta dan Mohammad Yamin.

Pada tahun 1916-1918, Hatta menjadi bendahara JSB di Padang, disusul menjadi pengurus JSB Batavia pada 1919 serta mulai mengelola JSB pada 1920 hingga 1921.

Sedangkan Mohammad Yamin merupakan salah satu putra Sumatera yang paling didambakan, terbukti dari karya-karya esai dan sajak yang ia karang sempat memuncaki Jong Sumatra.

Selain itu, Yamin juga pernah memimpin JSB pada 1926-1928 dan aktif mendorong pemikiran bahwa pentingnya menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. (2)

  • Tokoh #


Berikut adalah beberapa tokoh utama yang memiliki peran penting dalam eksistensi dari Jong Sumatranen Bond, diantaranya:

• Adnan Kapau Gani

• Bahder Djohan

• Mohammad Amir

• Mohammad Hatta

• Muhammad Yamin

• Sutan Takdir Alisjahbana

• Tengku Mansur. (1)

Baca: 17 AGUSTUS - Serial Pahlawan Nasional: Muhammad Yamin

Baca: 17 AGUSTUS - Serial Pahlawan Nasional: Dr. Drs. H Mohammad Hatta

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Nama Jong Sumatranen Bond
Dibentuk 9 Desember 1917
Cabang Jawa dan Sumatra
Tokoh Moh. Yamin, Moh. Hatta, dll
Surat Kabar Jong Sumatra




KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved