The Maident

The Maident adalah kelompok suporter dari PSIM Yogyakarta yang dikenal atraktif dalam mendukung PSIM dan menggunakan warna hitam sebagai warna kebesaran.


zoom-inlihat foto
Logo-kelompok-suporter-PSIM-The-Maident.jpg
Instagram / the_maident
Logo kelompok suporter PSIM, The Maident.

The Maident adalah kelompok suporter dari PSIM Yogyakarta yang dikenal atraktif dalam mendukung PSIM dan menggunakan warna hitam sebagai warna kebesaran.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - The Maident adalah kelompok suporter pendukung PSIM Yogyakarta.

The Maident merupakan kepanjangan dari Mataram Independent yang berdiri sejak tahun 2011.

Kelompok suporter ini menempati tribun selatan Stadion Mandala Krida yang merupakan kandang PSIM.

The Maident identik dengan warna hitam saat mendukung PSIM Yogyakarta berlaga.

Sejak pertama kali muncul,The Maident dipandang penuh dengan kontroversi, rumor yang berkembang cukup menyudutkan yaitu bahwa Maident dibentuk atas dasar motif politik dan digunakan sebagai mobilisasi massa menjelang diselenggarakannya pemilihan walikota Jogjakarta.

Disisi lain, Mataram Independent berkembang dengan cukup pesat, meski baru 1 tahun berdiri setidaknya terdapat 7200 anggota laskar dengan kartu tanda anggota resmi. (1)

Baca: Beny Ashar

Suporter PSIM Yogyakarta, The Maident.
Suporter PSIM Yogyakarta, The Maident. (istimewa/ Instagram @the_maident)

  • Tujuan Berdiri


Latar belakang dari berdirinya The Maident selain untuk mendukung PSIM dengan cara yang lebih atraktif juga untuk menggaungkan "No Anarki" bagi kelompok suporter Yogyakarta.

The Maident selalu mengusahakan agar tidak terjadi kerusuhan maupun aksi tawuran dengan kelompok suporter lainnya.

Selama ini selalu ada suporter yang bermusuhan dengan Slemania (Sleman) atau Pasoepati (Solo), dan The Maiden akan mencoba merangkul suporter-suporter tersebut supaya tidak terjadi tindakan anarki.

Bulan November 2012 sewaktu musyawarah sudah dilakukan deklarasikan perdamaian dengan Paserbumi (suporter Persiba).

Sehingga sekarang dengan Bantul sudah tidak ada permusuhan, dan saat itu juga mengundang Slemania dan Brajamusti tapi keduanya tidak hadir. (1)

Baca: Ikhsan Nul Zikrak

  • Sumbang APD untuk Tenaga Medis


Wadah suporter PSIM Yogyakarta yang tergabung dalam Mataram Independent 'The Maident' menyumbang 100 buah Alat Perlindungan Diri (APD) tenaga medis.

Bantuan tersebut disampaikan melalui Posko penangan Covid-19 di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta, Kamis (28/5/2020).

Plt Ketua Umum The Maident, Rendy Agung Prasetya mengatakan, donasi tersebut berasal dari iuran anggota suporter PSIM Yogyakarta di bawah naungan Pengurus Pusat The Maident yang bekerja sama dengan Polda DIY.

Rendy mengatakan, The Maident ingin turut ambil bagian secara riil membantu mengurai permasalahan pandemi Covid-19 agar cepat berakhir.

Meskipun sumbangan ini tidak sebanding dengan kebutuhan sesungguhnya namun melalui kegiatan ini diharapkan memunculkan kepedulian sekaligus sebagai bentuk pemahaman kita untuk tetap waspada penyabaran pandemi Covid-19, kata Rendy.

Rendy juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tenaga medis dan seluruh warga masyarakat yang berjuang bersama menghadapi pandemi Covid-19 khususnya di DIY.

Besar harapan kami sebagai unsur dari industri sepakbola yaitu kembali bergulirnya kompetisi liga tentunya dengan tata kelola yang baru, ujar Rendy. (2)

Baca: Gama Imbiri

  • Membuat Pemain Termotivasi


Raymond Tauntu menilai jika PSIM Fans adalah suporter yang memiliki totalitas, loyalitas tanpa batas dan dikenal spartan dalam mendukung tim.

Yang bikin Raymond senang dengan mereka, karena mereka loyal dan mereka kalau mendukung tim saat home dan away, mereka tetap berangkat walau melewati jalur-jalur yang membuat mereka harus bentrok tapi mereka tetap berangkat dan itu yang buat saya senang sama mereka (Maident dan Brajamusti), ucapnya.

Baca: Nico Fadilah

Diakui pemain asal Makassar itu, sikap PSIM Fans yang militan tersebut membuat dirinya secara pribadi menjadi lebih termotivasi untuk memberikan sesuatu yang lebih bagi klub.

Raymond menambahkan, itu yang bikin IA senang sama mereka (Maident dan Brajamusti) karena spartan. Membuatnya terdorong lagi untuk menampilkan yang lebih di dalam lapangan agar mereka tidak kecewa, katanya.

Raymond juga membeberkan jika salah satu faktor yang membuat dirinya betah berkostum PSIM Yogyakarta hingga musim ini karena PSIM memiliki basis suporter yang besar.

Belum tentu ketika ia pindah ke tim lain, bisa menemukan atmosfer (Maident dan Brajamusti) seperti ini, seperti di Jogja, imbuhnya.

Ia menilai, bahkan untuk tim-tim yang berlaga di Liga 1 tidak semuanya memiliki suporter yang militan seperti The Maident dan Brajamusti. (3)

(Tribunnewswiki.com/Khairul)

 



Informasi
Nama The Maident
Kelompok Suporter PSIM Yogyakarta
Menempati Tribun Tribun Selatan Stadion Mandala Krida
Warna kebesaran Hitam
Instagram @the_maident


Sumber :


1. web.facebook.com
2. jogja.tribunnews.com
3. jogja.tribunnews.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved