Stadion Sultan Agung

Stadion Sultan Agung adalah sebuah stAdion multifungi berada di Kabupaten Bantul, yang memiliki kapasitas 30.000 penonton dan sering menjadi kandang alternatif bagi tim-tim Liga 1 Indonesia.


zoom-inlihat foto
Foto-udara-stadion-Sultan-Agung-Bantul.jpg
Tribun Jogja/ Hasan Sakri
Foto udara stadion Sultan Agung, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (20/3/2016).

Stadion Sultan Agung adalah sebuah stAdion multifungi berada di Kabupaten Bantul, yang memiliki kapasitas 30.000 penonton dan sering menjadi kandang alternatif bagi tim-tim Liga 1 Indonesia.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Stadion Sultan Agung adalah sebuah stadion multifungi yang berada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Stadion Sultan Agung juga sering disebut Stadion Pacar, karena berada di wilayah Pacar, Timbulharjo, Sewon, Bantul.

Stadion Sultan Agung merupakan kandang dari Persiba Bantul dan sering menjadi stadion alternatif bagi klub Liga 1, Persija Jakarta dan TIRA-Persikabo.

Stadion Sultan Agung memiliki kapasitas 30.000 penonton.

Stadion ini diresmikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tahun 2007 bertepatan dengan pembukaan PORDA DIY. (1)

Baca: Yusuf Effendi

Tribun Barat Stadion Sultan Agung, Bantul.
Tribun Barat Stadion Sultan Agung, Bantul. (TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI)

  • Pembangunan


Stadion Sultan Agung terletak di wilayah Pacar, Timbulharjo, Sewon, Bantul, sehingga sering juga disebut Stadion Pacar.

Stadion Sultan Agung diresmikanoleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X bertepatan saat acara pembukaan PORDA DIY IX-Bantul tanggal 24 Juni 2007.

Meskipun baru diresmikan pada tahun 2007, stadion ini sudah digunakan untuk menggelar pertandingan sepakbola baik lokal Bantul maupun pertandingan Kompetisi Liga Indonesia sejak tahun 2005.

Pembangunan Stadion Sultan Agung dilakukan secara bertahap, pada tahun 2004 telah diselesaikan pembangunan lapangan dengan rumput berkualitas tinggi serta sebagian tribun terbuka sebelah timur.

Menjelang Kompetisi Divisi Utama 2008 pada bulan Juni telah diselesaikan pembangunan tribun terbuka yang melingkari 70% lapangan (utara, timur, selatan).

Sementara, tribun sebelah barat lapangan belum direalisasikan pembangunannya.

Tapi kini setelah Persiba Bantul naik kasta ke IPL 2011-2012 Persiba diharuskan mempunyai stadion berstandar AFC, dan kemudian di renovasilah stadion sultan agung, sehingga tahap pembangunan tribun barat dikerjakan dan mempunyai lampu berstandar AFC. (1)

Baca: Dimas Fani Firmansyah

Stadion Sultan Agung, Bantul.
Stadion Sultan Agung, Bantul. (TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI)

  • Nama Stadion


Stadion ini mengambil nama dari pahlawan nasional yaitu Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma.

Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma merupakan sultan ketiga dari Kesultanan Mataram yang berkuasa pada 1613-1645.

Sultan Mataram ini berani melakukan perlawanan terhadap VOC pada masa itu.

Sehingga stadion yng terletak di wilayah Pacar, Timbulharjo, Sewon, Bantul tersebut diberi nama sultan ketiga kerajaan Mataram untuk mengingat perjuangan beliau pada masa penjajahan. (2)

Baca: Raflyandi Adzani

Baca: Fachri Caesar

  • Menjadi Kandang klub Liga 1


Stadion Sultan Agung Bantul selesai diverifikasi oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi Liga 1 2020, beberapa waktu lalu.

Proses verifikasi ini dilakukan jelang wacana bergulirnya kembali kompetisi Liga 1 2020 pada bulan Oktober 2020, setelah terhenti akibat pandemi virus corona.

Seperti diketahui, kandang Persiba Bantul ini bakal digunakan juga oleh beberapa kontestan Liga 1 2020 asal luar Pulau Jawa sebagai home base, di antaranya PSM Makassar dan Bali United.

Baca: Afriansyah

Selain itu, Persija Jakarta juga akan berhome base di SSA lantaran Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) akan direnovasi untuk pagelaran Piala Dunia U-20 pada 2021. Meski renovasi yang dilakukan tidak terlalu besar seperti venue lainnya yang sudah dipilih PSSI.

Ini bisa bertambah lantaran dua klub Liga 1 asal luar Pulau Jawa belum menentukan lokasi home base, yakni Barito Putera dan Persipura Jayapura.

Kasi Sarana dan Prasarana Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Bantul, Bagus Nur Edy Wijaya mengatakan Stadion Sultan Agung Bantul memenuhi syarat berdasar hasil verifikasi yang telah dilakukan.

Verifikasi Stadion Sultan Agung Bantul hasilnya sudah memenuhi syarat termasuk soal penerangan. Kita cuma diminta untuk menyiapkan ruang ganti tambahan, karena ada kemungkinan dalam sehari digelar dua pertandingan, kata Bagus, Selasa (4/8/2020).

anajemen PSM mengatakan terkait pemilihan Stadion Sultan Agung sebagai kandang mereka karena stadion tersebut cukup memadai dan layak, serta sudah cukup 'akrab' dengan Juku Eja.

Infrastrukturnya cukup bagus, penerangannya juga memadai, dan PSM sudah biasa main di situ, kata Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Karim. (3) (4)

(Tribunnewswiki.com/Khairul)

 



Informasi
Nama Stadion Sultan Agung
Lokasi Pacar, Timbulharjo, Sewon, Bantul
Kapasitas 30.000 penonton
Diresmikan 24 Juni 2007
Kandang Persiba Bantul


Sumber :


1. persibabantulnews.blogspot.com
2. bolaskor.com
3. jogja.tribunnews.com
4. makassar.tribunnews.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved