Balistik (Suporter Persiba Balikpapan)

Balistik adalah kelompok pendukung dari klub Liga 2, Persiba Balikpapan yang berdiri sejak tahun 2006.


zoom-inlihat foto
Balistik-pendukung-Persiba-Balikpapan.jpg
TribunKaltim.Co/HO
Balistik pendukung Persiba Balikpapan.

Balistik adalah kelompok pendukung dari klub Liga 2, Persiba Balikpapan yang berdiri sejak tahun 2006.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Balistik adalah kelompok pendukung dari klub Liga 2, Persiba Balikpapan.

Balistik merupakan singkatan dari Balikpapan Suporter Fanatik.

Kelompok suporter ini berdiri pada tahun 2006 yang diinisiasi oleh beberapa elemen suporter Persiba Balikpapan.

Balistik menempati tribun belakang gawang sisi selatan Stadion Batakan saat memberikan dukungan bagi Persiba Balikpapan. (1)

Baca: Andre Dio

Balistik, suporter Persiba Balikpapan.
Balistik, suporter Persiba Balikpapan. (Instagram / balistikcyber)

  • Sejarah Terbentuk


Rabu, 19 april 2006 menjadi hari bersejarah bagi elemen suporter Persiba Balikpapan, setelah beberapa elemen suporter yang ada di Balikpapan berkumpul di kediaman salah satu pendukung Periba, David.

Pertemuan itu dihadiri sekitar 30 orang dengan membahas mengenai wadah suporter.

Chairul dan Ancah memiliki ide memberi nama wadah suporter tersebut dengan nama Balistik, singkatan dari Balikpapan Suporter Fanatik.

Tanpa banyak interupsi dari anggota pertemuan, usulan nama tersebut langsung disetujui.

Prinsip dasarnya Balistik dibentuk ingin memberikan dukungan bagi olahraga Kota Minyak sehingga mengharumkan nama kota.

Keseriusan elemen supporter itu diwujudkan dengan menggelar musyawarah umum anggota untuk pertama kalinya, Tepatnya pada minggu, 7 Mei 2006 di ruang rapat Dapeen Café.

Terdapat keputusan menjadi sejarah Balistik memilih sosok Kamaruddin sebagai ketua umum pertama periode 2006-2009.

Perjalanan Balistik dari tahun 2006 hingga tahun 2009 maju pesat. Tercatat jumlah anggota resmi sebanyak 893 orang terbagi 14 koordinator wilayah pada tahun 2009. (1)

Baca: Riza Alfin Zidane

  • Loyalitas


Kapten Persiba Balikpapan musim 2017, Marlon da Silva mengakui betapa besarnya peran suporter baginya dan klub yang ia bela.

Pemain Brasil itu mengungkapkan bahwa peran dari Balikpapan Suporter Fanatik (Balistik) dan para suporter Persiba lainnya sangatlah luar biasa dan dapat membangkitkan semangat pemain ditengah kondisi tim yang sedang mengalami keterpurukan.

Pada saat Persiba melakoni pertandingan tandang melawan Barito Putera pada musim 2017 lalu, terlihat sekumpulan suporter Persiba memadati salah satu sudut tribun penonton Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

Mereka terus bernyanyi, menyuarakan dukungan tanpa henti bagi tim asuhan Milomir Seslija itu dan membuat Marlon sangat terkesan dengan yang dilakukan oleh suporter tersebut.

Meski pertandingan berlangsung di Pulau Kalimantan, namun jarak tempuh antara Balikpapan ke Banjarmasin cukup jauh.

Marlon menyampaikan, walau tim berada di papan bawah tapi Balistik selalu ada. Dari awal kick off hingga berakhirnya pertandingan, Balistik kasih semangat buat pemain. Meski menempuh jarak cukup jauh Tapi Balistik datang dan kasih dukunganbuat tim.

Dalam laga tersebut Persiba harus menelan kekalahan tipis 0-1 dari Barito Putera dan membuat mereka harus terdegradasi ke Liga 2 musim berikutnya. (2)

Baca: Irvan Febrianto


Balistik tidak hanya fokus pada dukungan olahraga saja. Kegiatan sosial juga mereka lakukan. Seperti pada bulan Ramadhan 2009, mereka mengadakan kegiatan pembagian takjil gratis kepada warga Balikpapan.

Adapula kegiatan kampanye biru tepatnya 7 Februari 2010 dengan maksud mengajak warga kota ikut membirukan Stadion Persiba.

Anggota Balistik membagi brosur, penanaman pohon dan konvoi damai dengan tema bersama kita birukan stadion (ajakan mendukung Persiba Balikpapan), ujar Suwanto.

Pria yang akrab disapa Anto ini menambahkan ada kegiatan hari ulang tahun Balistik ke-4 dengan mengelar jalan sehat.

Kiprah Balistik kini semakin dikenal banyak orang, tidak hanya dari Balikpapan tapi di daratan Kaltim nama Balistik tidak asing lagi.

Berawal dari hubungan antar suporter di Kaltim dengan mengikuti rapat pembentukan Asosiasi Suporter Kaltim terdiri Pusamania (suporter Persisam Putra Samarinda), Bontang Mania (Bontang FC) dan Mitra Mania (Mitra Kukar).

Balistik bersama suporter lainnya dari tiga kota tersebut mewujudkan damainya suporter Kaltim dicetuskan 3 Mei 2006 di Tenggarong. (1)

(Tribunnewswiki.com/Khairul)

 



Informasi
Nama Balistik
Berdiri 19 april 2006
Pendukung klub Persiba Balikpapan
Menempati Tribun selatan Stadion Batakan


Sumber :


1. suportermilitan.blogspot.com
2. www.panditfootball.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved