Aligarh Muslim University

Aligarh Muslim University adalah universitas negeri yang berlokasi di Aligarh, UP, India.


zoom-inlihat foto
Aligarh-Muslim-University.jpg
The Indian Express
Aligarh Muslim University

Aligarh Muslim University adalah universitas negeri yang berlokasi di Aligarh, UP, India.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Aligarh Muslim University, yang dikenal sebagai AMU, didirikan pada tahun 1920 setelah berkembang dari Mohammedan Anglo-Oriental College (MAO College) yang didirikan pada tahun 1875.

Aligarh Muslim University adalah universitas negeri yang berlokasi di Aligarh, UP, India.

AMU didirikan oleh pembaharu sosial besar, Sir Syed Ahmad Khan.

Universitas terbuka untuk semua orang tanpa memandang agama, kasta, jenis kelamin, dan keyakinan.

AMU memiliki 13 fakultas, dan di bawah setiap fakultas dibentuk departemen studi yang terpisah.

AMU adalah anggota AIU (Asosiasi Universitas India), dan program studinya disetujui oleh UGC.

Universitas ini diakreditasi oleh NAAC dengan CGPA 3,35 pada Skala Empat Titik di Grade "A".

Selain itu, AMU berada di peringkat 31 dan 17 oleh NIRF 2020.

AMU juga berada di peringkat 3 kategori "Universitas di India" oleh India Today Ranking 2020.

Universitas ini tersebar di tanah seluas 1.155 hektar dengan sebagian besar mahasiswa dan staf yang tinggal di kampus. (1)

Aligarh Muslim University2
Aligarh Muslim University

Baca: Mumbai

  • Sejarah


Universitas ini tumbuh dari karya Sir Syed Ahmad Khan, seorang reformator dan negarawan Muslim besar, yang setelah Perang Kemerdekaan India tahun 1857 merasa bahwa penting bagi umat Islam untuk mendapatkan pendidikan dan terlibat dalam kehidupan publik dan layanan pemerintah di India.

Raja Jai ​​Kishan membantu Sir Syed dalam mendirikan universitas tersebut.

Keputusan Inggris untuk menggantikan penggunaan bahasa Persia pada tahun 1842 untuk pekerjaan pemerintah dan sebagai bahasa Pengadilan Hukum menyebabkan kecemasan yang mendalam di kalangan umat Islam di sub-benua.

Sir Syed melihat kebutuhan bagi umat Islam untuk menguasai bahasa Inggris dan ilmu-ilmu Barat jika komunitas ingin mempertahankan pengaruh sosial dan politiknya, khususnya di India Utara.

Ia mulai mempersiapkan landasan untuk pembentukan Universitas Muslim dengan mendirikan sekolah di Moradabad (1858) dan Ghazipur (1863).

Tujuannya untuk mendirikan masyarakat ilmiah pada tahun 1864, di Aligarh, adalah untuk menerjemahkan karya-karya Barat ke dalam bahasa India sebagai pendahuluan untuk mempersiapkan masyarakat untuk menerima pendidikan Barat dan untuk menanamkan temperamen ilmiah di kalangan umat Islam.

Keinginan yang kuat untuk memperbaiki kondisi sosial Muslim India membuat Sir Syed menerbitkan majalah 'Tehzibul Akhlaq' pada tahun 1870.

Pada tahun 1877, Sir Syed mendirikan Muhammadan Anglo-Oriental College di Aligarh dan membentuk pola perguruan tinggi tersebut setelah Universitas Oxford dan Cambridge yang pernah ia kunjungi dalam perjalanan ke Inggris.

Tujuannya adalah untuk membangun sebuah perguruan tinggi yang selaras dengan sistem pendidikan Inggris tetapi tanpa mengorbankan nilai-nilai Islamnya.

Putra Sir Syed, Syed Mahmood, yang merupakan alumnus Cambridge menyiapkan proposal untuk universitas independen kepada 'Komite Dana Perguruan Tinggi Anglo-Oriental Muhammad' sekembalinya dari Inggris pada tahun 1872.

Proposal ini diadopsi dan kemudian dimodifikasi. Syed Mahmood terus bekerja bersama ayahnya dalam mendirikan perguruan tinggi.

Itu adalah salah satu lembaga pendidikan perumahan murni pertama yang didirikan baik oleh pemerintah atau publik di India.

Selama bertahun-tahun hal itu memunculkan kelas terpelajar baru Muslim India yang aktif dalam sistem politik Raj Inggris.

Ketika raja muda India Lord Curzon mengunjungi perguruan tinggi tersebut pada tahun 1901, dia memuji pekerjaan yang dilakukan dan menyebutnya sebagai "kepentingan kedaulatan".

Di sekitar waktu inilah sebuah gerakan mulai mengembangkannya menjadi sebuah universitas.

Untuk mencapai tujuan ini, ekspansi dilakukan dan lebih banyak program akademik ditambahkan ke kurikulum perguruan tinggi.

Sebuah sekolah untuk anak perempuan didirikan pada tahun 1907. Pada tahun 1920, perguruan tinggi tersebut diubah menjadi Universitas Muslim Aligarh.

Sir Syed mengembuskan napas terakhir pada 27 Maret 1898 dan dimakamkan di halaman masjid universitas di Sir Syed Hall, AMU. (2)

Baca: Universitas Fort De Kock

  • Fasilitas


AMU memiliki 19 asrama dan 80 asrama untuk mahasiswanya.

Universitas ini juga memiliki dua pusat di Mallapurum, Kerala dan Murshidabad, Benggala Barat di mana fasilitas pengajaran mata kuliah Hukum Terpadu dan MBA tersedia.

Selain itu, universitas ini juga memiliki 10 sekolah di tingkat sekolah menengah atas dan menengah atas.

Universitas ini memiliki lima perpustakaan yaitu perpustakaan Maulana Azad, Sekolah Tinggi Teknik, Sekolah Tinggi Kedokteran, Ilmu Sosial Cyber dan Perguruan Tinggi Ajmal Khan Tibbiya.

Selain itu, universitas ini memiliki klub permainan yang mencakup fasilitas olahraga seperti kriket, hoki, sepak bola, bola basket, berkuda, tenis, dan skating.

Pusat pendidikan umum di universitas ini didedikasikan untuk kegiatan budaya dan ekstrakurikuler.

Pusat ini menyelenggarakan acara dibidang musik, film, teater, sastra, dan lainnya. (1)

Baca: Universitas Ma’soem (Ma’soem University)

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Anindya)



Nama Universitas Aligarh Muslim University (AMU)
Lokasi Aligarh, UP, India
Pendiri Sir Syed Ahmad Khan
Tahun Berdiri 1920
Jumlah Fakultas 13


Sumber :


1. shiksha.com
2. amu.ac.in








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved