Geopark Batu Seribu

Geopark Batu Seribu Sukoharjo adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.


zoom-inlihat foto
Objek-Wisata-Batu-Seribu-di-Kecamatan-Bulu-Sukoharjo-paska-direnovasi-Minggu-1592019.jpg
TribunSolo.com/Agil Tri
Objek Wisata Batu Seribu di Kecamatan Bulu, Sukoharjo paska direnovasi, Minggu (15/9/2019).

Geopark Batu Seribu Sukoharjo adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Geopark Batu Seribu Sukoharjo adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Wisata Geopark Batu Seribu di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Geopark Batu Seribu di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. 

Masih banyak wisata tersembunyi yang belum diketahui oleh masyarakat di sekitar Solo, salah satunya adalah Geopark Batu Seribu yang bisa ditempuh dengan menggunakan motor, mobil ataupun sewa bus gracias selama kurang lebih 1 (satu) jam dari kota Solo.

Daerah wisata ini dahulunya berupa bukit batu cadas yang cukup banyak dan kini telah diubah menjadi hutan jati dengan suasana sejuk.

Baca: Pandawa Water World

Baca: Go Fun Bojonegoro

Jalan di Wisata Batu Seribu, Sukoharjo yang Instagramable.
Jalan di Wisata Batu Seribu, Sukoharjo yang Instagramable. (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

  • Sejarah


Meski namanya Batu Seribu, daya tarik wisata utama di sini adalah kolam renang yang airnya langsung diambil dari mata air.

Nama Batu Seribu sendiri dipakai karena dulunya sebelum dibuka sebagai obyek wisata, kawasan ini banyak terdapat bebatuan.

Menurut sesepuh masyarakat setempat yang juga membuka warung di kawasan ini, Obyek Wisata Batu Seribu mulai dibuka sekitar tahun 80-an pada masa pemerintahan Presiden Suharto.

Dulunya Batu Seribu banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin merasakan segarnya mandi dengan air langsung dari mata air di tengah rimbunnya pepohonan.

Fasilitas wisata di Batu Seribu pun bukan hanya kolam renang, tersedia pula taman bermain dan gardu pandang untuk menikmati pemandangan alam pegunungan.

Bahkan tersedia pula joglo yang mana sering diadakan pertunjukan dangdut di sana.

Baca: The Royal Surakarta Heritage

Baca: Bukit Kunci

  • Daya Tarik


Wisata Gunung Sepikul

Gunung sepikul adalah salah satu obyek wisata di kawasan Geopark Batu Seribu yang terdiri dari 2 (dua) buah gunung batu dan terletak berdampingan. Gunung ini dipercaya adalah sebuah peninggalan dari Bandung Bondowoso ketika akan mendirikan candi Prambanan, tapi sayangnya kesiangan dan batu yang dipikul tadi akhirnya ditinggal di tempat tersebut.

Wisata Sendang Kyai Truna Lele

Wisata sendang ini merupakan sebuah kolam yang didiami oleh lele warna putih dan juga dikeramatkan masyarakat di sekitar obyek wisata tersebut.

Mereka percaya jika ikan lele yang berada di Sendang Truna Lele adalah ikan dari jelmaan Raja Trunalele, itulah sebabnya masyarakat tidak berani mengambil foto atau pun lelenya.

Kolam renang kedua di Wisata Batu Seribu, Sukoharjo.
Kolam renang kedua di Wisata Batu Seribu, Sukoharjo. (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

Wisata Umbul Pacinan

Umbul Pacinan merupakan sumber dari mata air yang terletak di bawah pohon Gondang dan menjadi jantung dari Geopark Batu Seribu ini.

Umbul atau biasa dikenal dengan mata air Pacinan telah mengeluarkan air yang berasal dari celah-celah akar pohon gondang dan memiliki ketinggian lebih dari 10 meter.

Air yang dikeluarkan oleh akar pohon tersebut telah membentuk genangan air disekitar pohon.

Selain wisata yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi obyek yang bisa dinikmati disekitar Geopark Batu Seribu misalnya playground, camping ground, kolam renang dan gardu pandang.

Para pengunjung dari luar Solo bisa menuju ke tempat ini dengan memakai jasa sewa bus pariwisata Jakarta.

Kawasan Geopark Batu Seribu sendiri memiliki luas sekitar 2 (dua) hektar, sehingga para pengunjung tidak akan bosan untuk menjelajahinya.

  • Fasilitas


Wisata Geopark Batu Seribu di Gentan Sukoharjo Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata alam yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

• Area Parkir kendaraan

• Mushola

• Kamar mandi / MCK

• Tempat Istirahat

• Sumber air

• Bumi perkemahan

• Warung Makan

Baca: Goa Terawang

Baca: Waduk Tempuran

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Nama Lokasi Geopark Batu Seribu
Alamat Gentan, Bulu, Pacinan, Gentan, Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57563
   


Sumber :


1. ihategreenjello.com
2. indriyati.blog.upi.edu
3. indriyati.blog.upi.edu








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved