Bledug Kuwu

Bledug Kuwu adalah gunung api lumpur atau disebut mud volcano yang berlokasi di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.


zoom-inlihat foto
BLEDUG-KUWU-Kawasan-wisata-alam-di-Desa-Kuwu-Kabupaten-Grobogan-Jawa-Tengah.jpg
TRIBUN JOGJA/SETYA KRISNA SUMARGA
BLEDUG KUWU - Kawasan wisata alam Bledug Kuwu di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (14/7/2017). Letupan gelembung lumpur di musim kemarau ini rata-rata lebih kecil di banding ketika musim hujan. Namun produksi garam bleng dari hasil pengolahan lumpur sempuran Bledug Kuwu justru mencapai puncaknya.

Bledug Kuwu adalah gunung api lumpur atau disebut mud volcano yang berlokasi di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bledug Kuwu adalah gunung api lumpur atau disebut mud volcano yang berlokasi di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.

Tempat ini berjarak kurang lebih 28 km ke arah timur dari kota Purwodadi.

Bledug Kuwu merupakan salah satu objek wisata andalan di daerah ini selain sumber api abadi Mrapen, dan Waduk Kedungombo.

Hal yang menarik wisatawan untuk datang menyaksikan bledug ini adalah letupan-letupan lumpur yang mengandung garam dan berlangsung terus-menerus secara berkala, kira-kira setiap 2 atau 3 menit.

Secara geologi, kawah lumpur Kuwu, sebagaimana kawah lumpur lainnya, adalah aktivitas pelepasan gas dari dalam teras bumi.

Gas ini biasanya adalah metana. Letupan-letupan lumpur yang terjadi biasanya membawa pula larutan kaya mineral dari bagian bawah lumpur ke atas. 

Obyek wisata Bledug Kuwu dikelola Pemerintah Kabupaten Grobogan sejak 1983. Jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan signifikan setiap tahunnya.

Bledug Kuwu di Grobogan, Jawa Tengah.
Bledug Kuwu di Grobogan, Jawa Tengah.

Baca: Pantai Kuta

Baca: Owabong Waterpark Purbalingga

 

  • Etimologi & Legenda


Asal usul nama Bledug Kuwu adalah berupa kawah lumpur (bledug) yang dinamakan Bledug Kuwu (karena berlokasi di Kuwu).

Kawah ini secara berkala (selang 2-3 menit) melepaskan lumpur mineral dalam bentuk letupan besar (setinggi hingga 2 m).

Oleh penduduk setempat lumpur ini dimanfaatkan mineralnya untuk pembuatan konsentrat garam yang disebut bleng dan dipakai misalnya dalam pembuatan kerupuk karak.

Menurut cerita turun-temurun yang beredar di kalangan masyarakat setempat, Bledug Kuwu terjadi karena adanya lubang yang menghubungkan tempat itu dengan Laut Selatan (Samudera Hindia).

Konon lubang itu adalah jalan pulang Jaka Linglung dari Laut Selatan menuju kerajaan Medang Kamulan setelah mengalahkan Prabu Dewata Cengkar yang telah berubah menjadi buaya putih di Laut Selatan.

Joko Linglung konon bisa membuat lubang tersebut karena dia bisa menjelma menjadi ular naga yang merupakan syarat agar dia diakui sebagai anak Raden Ajisaka.

Kawasan wisata alam Bledug Kuwu di Desa Kuwu
Kawasan wisata alam Bledug Kuwu di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (14/7/2017). Letupan gelembung lumpur di musim kemarau ini rata-rata lebih kecil di banding ketika musim hujan. Namun produksi garam bleng dari hasil pengolahan lumpur sempuran Bledug Kuwu justru mencapai puncaknya. TRIBUN JOGJA/SETYA KRISNA SUMARGA

  • Kandungan Garam


Fenomena unik lain dari Bledug Kuwu adalah air yang terkandung dalam lumpur tersebut ternyata mengandung garam.

Oleh warga setempat, dijadikan ladang penghasilan dengan cara membuat garam melalui cara tradisional.

Air semburan lumpur yang mengandung garam oleh penduduk dialirkan melalui parit buatan dan ditampung pada sebuah kolam.

Air tersebut ditimba dan diisikan ke dalam klakah (batang bambu yang dibelah menjadi dua).

Klakah-klakah yang sudah terisi air selanjutnya dijemur di bawah terik matahari hingga membentuk kristal-kristal garam.

Baca: Waduk Kedung Ombo

Baca: Taman Mangrove Pekalongan

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Alamat jl wirosari-kuwu, Area Sawah, Kuwu, Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58182
Pengelola Pemerintah Kabupaten Grobogan
   


Sumber :


1. id.wikipedia.org
2. travel.kompas.com


Editor: Archieva Prisyta






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved